Mohon tunggu...
Ali Maksum
Ali Maksum Mohon Tunggu... Guru - Education is the most powerful weapon.

Guru, Aktifis dan Pemerhati pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik

21 September 2023   11:44 Diperbarui: 21 September 2023   11:56 20581
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagaimana merumuskan pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik untuk guru dalam kurikulum merdeka?

Agar hasilnya maksimal para pendidik juga harus mencoba untuk merumsukan dalam materi ini. Selanjutnya dalam membuat pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik, para pendidik dapat bekerja sama dengan guru lain yang mengajar pada satu fase. Dalam hal ini kita dapat membayangkan terlebih dahulu ketika kita masih muda dan menjadi murid dahulu, pelajaran apa yang kita sukai? Apakah ada satu pelajaran yang sangat menyenangkan dan masih kita ingat dan kita gunakan hingga sekarang? atau justru ada mata pelajaran yang hingga saat ini kita tidak paham dan untuk apa kita belajar hal tersebut?. Mari kita kembali ke peran kita sebagia seorang guru. Apa saja yang sudah kita lakukan sebagia seorang guru agar murid memahmai maksud pembelajaran dan manfaatnya untuk kehidupan mereka.

Pemahaman bermakna dapat membantu kita menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan mempelajari materi sebuah materi ajar. Sebagai pendidik kita berharap jika murid mengetahui tujuan mereka mempelajari sebuah materi, maka motivasi intrinsik mereka pun akan tumbuh. Sementara itu pertanyaan pemantik adalah pertanyaan yang seharusnya mampu dijawab murid setelah mempelajari materi ajar. Pertanyaan pemantik bisa berupa satu pertanyaan untuk satu unit materi.  Bisa juga berbeda-beda setiap pertemuannya. Bergantung dengan konsep yang sedang dipelajari. Yang penting pertanyaan pemantik yang dibuat memenuhi kriteria. 

Pertanyaan pemantik adalah merupakan rangkaian pertanyaan mengenai hal paling penting dalam satu topik pembelajaran. Pertanyaan ini diturunkan dari pemahaman bermakna dan didiskusikan bersama murid sebelum memulai topik atau kelas. Pertanyaan pemantik ini digunakan untuk membantu murid mencapai pemahaman bermakna. Pemahaman bermakna adalah pemahaman yang kita inginkan dari peserta didik setelah mempelajarai topik tertentu.

Yuk kita coba membuat pertanyaan pemantik:

Sebagai contok kita akan menggunakan mapel IPAS di fase B mengenai perubahan wujud zat.

Tahap 1: Menuliskan semua ide yang terlintas dalam pikiran terkait dengan pelajaran. Maka kita tuliskan semua ide yang berkaitan dengan wujud zat, misalnya air menjadi uap jika dipanaskan, air menjadi es bila didinginkan, kapur barus bisa menyublim, membuat es batu adalah wujud benda, air yang dimasak dipanci bisa habis karena menguap, kaca terlihat mengembun, dsb.

Tahap2: Dari ide-ide yang dirumuskan guru dapat membuat pertanyaan pemantik dengan kriteria sebagai berikut:

a. Berupa pertanyaan terbuka, dapat dan penting diperdebatkan di kelas bersama murid-murid tanpa melakukan proses mencari tahu sebelumnya.

b. Merupakan inti dari topik pembelajaran

c. Melahirkan pertanyaan-pertanyaan baru dibenak murid dan memikat ketertarikan mereka untuk mempelajari topik pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun