Mohon tunggu...
Alif Nurrohman
Alif Nurrohman Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Manajemen Universitas Nusa putra

Mahasiswa hebat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memahami Sistem Kondisi Keuangan dalam Sebuah Perusahaan

23 Desember 2020   12:20 Diperbarui: 23 Desember 2020   13:17 758 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • Penggunaan Data Keuangan Dari Laporan Keuangan

Analisis keuangan menggunakan data dari laporan keuangan yang disusun menurut prinsip-prinsip akuntansi.Kita perlu memahami prinsip-prinsip tersebut misalnya dalam penggunaan metode costing yang berbeda namun tetap tidak menyimpang dari prinsip-prinsip akuntansi. Masalah yang tidak kalah penting selain penggunaan metode yakni pengaruh tingkat inflasi pada laporan keuangan

Arus Kas Dalam Perusahaan,Komponen-Komponen Laporan Arus Kas :

  • Arus Kas dari Kegiatan Operasi, Arus kas dari kegiatan operasi adalah arus kas yang berasal dari transaksi yang berasal dari kegiatan itu sendiri. Biasanya transaksi ini berupa pemasukan atau pengeluaran perusahaan
  • Arus Kas dari Kegiatan Investasi, Arus kas dari kegiatan investasi adakah arus kas dalam bentuk pemasukan atau pengeluaran. Umumnya, arus kas ini yang memengaruhi investasi dalam aset non lancar adalah arus kas dari kegiatan investasi. Kegiatan investasi ini adalah yang berhubungan dengan aktivitas penjualan atau pembelian dari aktiva perusahaan.
  • Arus Kas dari Kegiatan Pendanaan, Biasanya arus kas dari kegiatan pendanaan ini berasal dari transaksi yang memengaruhi utang dan ekuitas perusahaan. Hal ini umumnya, transaksi yang mencakup penerbitan atau penghentian surat berharga ekuitas dan utang.

Laporan keuangan akan memberikan informasi pada manajemen sehingga manajemen perusahaan dapat mengetahui apakah tujuan perusahaan yang telah ditetapkan dapat tercapai atau tidak dan informasiini disajikan bahan analisis untuk evaluasi. Dari evaluasi tersebut, manajemen perusahaan dapat membuat keputusan-keputusan yang berupa pembuatan perencanaan untuk masa yang akan datang dan laporan keuangan tersebut didalamnya berisi neraca serta laporan laba rugi perusahaan.

Untuk menegetahui laba dan perubahan kondisi keuangan perusahaan, analisis laporan keuangan dapat membantu pelaku bisnis untuk menilai kondisi keuangan perusahaan. Perusahaan menggunakan analisis rasio keuangan meliputi rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perubahan laba perusahaan. Rasio likuiditas merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya, didalam rasio likuiditas terdapat dua rasio yaitu Current Ratiodan Quick Ratio. Current Ratio menunjukan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya dengan menggunakan aktiva lancar, sedangakan Quick Ratio menunjukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek dengan aktiva yang paling cepat. Rasio solvabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan suatu perusahaan dalam membayar semua hutang-hutangnya (baik jangka pendek maupun jangka panjang) apabila suatu saat perusahaan tersebut dilikuidasi. Rasio profitabilitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba juga digunakan untuk mengetahui efektifitas perusahaan dalam mengelola sumber-sumber yang dimilikinya. 

Yang termasuk didalam rasio profitabilitas yaitu Gross Profit Margi (GPM), Opeating Profit Margin(OPM), Return on Total asset (ROA), dan Return On Equity (ROE).Kemudian yang terakhir rasio aktivitas, rasio ini digunakan untuk mengukur sejauh mana efektivitas dari asset suatu perusahaan dengan melihat aktifitas asset. Yang termasuk dalam rasio ini adalah inventory turn over (perputaran persediaan), fixed asset turnover (perputaran aktiva tetap), total asset turn over (perputaran total aktiva). Semakin besar tingkat rasio aktivitas maka semakin besar pula tingkat perputaran penjualan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan