Mohon tunggu...
Alifmnaufal10
Alifmnaufal10 Mohon Tunggu... Polisi - Sedang berproses menjadi lebih baik

Menulis sesuatu yang bisa ditulis untuk bisa dibagikan dan dibaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kampus dan Semangatku

29 November 2022   05:37 Diperbarui: 29 November 2022   06:21 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KAMPUS DAN SEMANGATKU

Salah satu aktivitas rutinku setelah waktu pribadi aku laksanakan adalah tadarus, di pagi hari. Aku membiasakan diri untuk melakukan hal ini karena aku menyadari, sebelum mata ini membuka gadget ataupun untuk beraktivitas, membaca ayat demi ayat Kitab Suci agamaku adalah sebagai momentum untuk menyadari diri, mata sebagai panca indera penglihatan digunakan untuk melihat hal yang baik-baik. Setelah ini aku lakukan, baru badan aku segarkan dengan olah raga ringan mengangkat barbel seberat tujuh kilogram, atau sekedar jogging di sekitar komplek perumahan.

Kebiasan lain yang sedang aku biasakan, aku cintai dan aku berusaha untuk terus berproses adalah menulis di Kompasiana. Perlahan dengan pasti aku merasakan bahwa merangkai kata demi kata, menjadi sebuah alinea, kemudian menjadi sebuah bangunan narasi, memberikan sebuah kepuasan batin. Menulis adalah jendela dunia, begitu pepatah mengatakan. Aku yakini itu, karena dengan membaca, kemudian mendedikasikan diri untuk menulis, akan menambah kemampuan dan potensi diri untuk berkembang. Kemampuan ini setidaknya, menambah bekal dalam pelaksanaan tugasku sebagai seorang polisi. Polisi hadir di tengah masyarakat, tentu sangat butuh kemapuan untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

Upaya untuk mengembangkan potensi diri, juga aku lakukan dengan belajar di Fakultas Hukum Universitas Pekalongan. Kini, aku sudah masuk semester 3. Beberapa kajian hukum di Semester yang sudah terlalui, memberikan wawasan baru dan cakrawalaku tentang hukum. Betapa luasnya hukum. Hukum mengatur sejak manusia dalam kandungan, lahir, dewasa, berkatifitas, berinteraksi sampai akhirnya orang meninggal dunia. Selalu berurusan dengan hukum. Ini yang membuatku sekakin tertarik untuk terus belajar Hukum. Hal lain, di samping ilmu yang kudapat, pertemanan di kampus menjadi sebuah kado yang istimewa. Teman di kampus yang berasal dari beragam latar belakang, membuatku harus bisa beradabtasi dengan mereka.

Aku menggambil Hukum reguler kelas sore,dimana kebanyakan satu kelasku adalah pekerja dan bisnis. Dari mereka ini aku sering menyerap sisi lain dari perjalanan untuk menjadi manusia yang berhasil. Berhasil dalam pekerjaan, berhasil dalam bisnis dan berhasil dalam menjalani kehidupan.

          Salah satu pelajaran hidup, terkait dengan pilihanku adalah  menjadi Seorang Polisi. Profesi polisi adalah Mulia. Menjadi Polisi merupakan beban dan  sebuah tanggung jawab besar. Tidaklah mudah mengembannya.  Karena banyak kejadian yang membuat profesi polisi tersudutkan. Meskipun masih juga Polisi yang tekun dan disiplin, selalu menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya dalam tugas dan kesehariannya. Aku ingin menjadi salah satu dari Polisi yang seperti itu, polisi yang taat pada aturan dan tidak membuat masalah yang menjadikan beban bagi citra Polisi. Setidaknya dengan berbuat baik, disiplin dan menjalankan tugas dengan semangat, aku bisa berbuat hal yang positif untuk Polisi, dengan niat untuk ibadah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun