Mohon tunggu...
Alif Ihza Rizky
Alif Ihza Rizky Mohon Tunggu... Lainnya - Alif Ihza Rizky

welcome to my page

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Cash On Delivery Membentuk Konsumerisme pada Generasi Milenial

17 Januari 2021   19:51 Diperbarui: 17 Januari 2021   19:58 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Cash On Delivery atau yang kita sama sama sering kita sebut COD merupakan metode baru dalam bisnis online. Menurut Prasetio (2012) yang dimaksud Cash On Delivery adalah kegiatan bertemunya penjual dan pembeli barang yang pemesanannya dilakukan online dan bertemu di tempat yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Di era yang semakin dinamis ini banyak remaja yang mulai mengenal gadget dan berselancar di dalam dunia online para remaja ini mulai melakukan aktifitas belanja online dengan begitu banyak pilihan di dunia online para remaja ini mulai memilah dan memilih sesuatu yang mereka sukai mulai dari make up, fashion bahkan sampai ke hobi.

Biasanya para remaja ini yang belum memiliki penghasilan tetap karena masih sekolah menggunakan fitur Cash On Delivery pada aktifitas belanjanya karena biasanya pesanan mereka akan dibayarkan oleh orang tua masing2 yang ada dirumah.

Manfaat dari fitur Cash On Delivery (COD) pada e-commerdce Diantaranya:

1. Para pelanggan tidak banyak membuang waktu karena pihak penjual akan langsung mengirimkan barang kerumah dan melakukan pembayaran ditempat.

2. Pelanggan dapat langsung menilai barang secara fisik ditempat sesuai atau tidak seperti yang ada di e-commerce.

3. Meningkatkan rasa aman dalam berbelanja di e-commerce karena barang akan dibayar ketika sampai ditempat.

Sistem Cash On Delivery (COD) mulai banyak diterapkan pada penjual-penjual di bisnis online karena memudahkan dan efektif bagi bisnis mereka para pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk bayar di atm atau toko retail tetapi hanya melalui aplikasi dan memilih pembayaran melalui sistem Cash On Delivery (COD). Terlebih pada saat pandemi saat ini dimana orang-orang takut untuk keluar rumah COD akan sangat bermanfaat karena pelanggan hanya duduk dirumah saja.

Pada saat ini merebaknya virus corona berdampak besar pada aktivitas masyarakat Indonesia dengan semakin banyaknya kasus corona covid-19 di Indonesia membuat pemerintah menerapkan peraturan kebijakan "Bekerja, Belajar & Beribadah dari rumah" untuk mencegah makin luasnya penyebaran virus tersebut.

Aktivitas masyarakat semakin terbatas bahkan aktivitas belanja online pun menjadi meningkat karena banyak e-commerce yang melakukan promosi belanja online besar-besaran di media-media seperti Tv & Media sosial. E-commerce yang menjual kebutuhan pokok seperti Makanan, Minuman, Obat-obatan sangat beragam pilihan sampai ke yang menjual Fashion, Make Up & Elektronik berlomba-lomba menawarkan berbagai kemudahan, dan berbagai promosi menarik pada konsumen, seperti diskon, cashback, dan bonus pembelian. 

Tawaran menarik dari online shop ini di satu sisi sangat memudahkan, menguntungkan, dan sangat membantu konsumen yang perlu berbelanja namun tetap ikut aturan untuk tinggal di rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun