Mohon tunggu...
Alifiah Faiz
Alifiah Faiz Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Buat Kamu yang Merasa Sulit Menyesuaikan Diri dalam Suatu Kelompok atau Organisasi

28 September 2021   18:16 Diperbarui: 28 September 2021   18:19 334 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Buat Kamu yang Merasa Sulit Menyesuaikan Diri dalam Suatu Kelompok atau Organisasi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

          Assalamu 'alaikum Wr. Wb

Tulisan ini teruntuk kalian yang merasa sulit menyesuaikan diri dalam suatu organisasi atau kelompok.

Setiap manusia memiliki kepribadian, kebiasaan dan kemampuan yang berbeda-beda. Tiap individu bisa memiliki lebih dari satu kepribadian dalam dirinya. Kepribadian tiap individu pun bisa berubah atau berbeda dalam ruang lingkup atau kelompok satu dengan yang lain.  Kepribadian dan kemampuan individu yang berbeda tersebut dapat memberikan pengaruh penting dalam suatu organisasi baik dalam kinerja, motivasi maupun hal lainnya. 

Maka dari itu, setiap individu harus bisa menyesuaikan diri dengan kelompok mereka masing-masing. Penyesuaian diri dalam suatu organisasi bisa menentukan bagaimana kedepannya komunikasi kita dalam kelompok atau organisasi tersebut. Jadi ketika kita memasuki lingkungan atau suatu organisasi yang baru secara tidak langsung mau atau tidak mau kita harus bisa menyesuaikan diri dan menempatkan diri sesuai tempat dan porsinya. 

Kita tidak boleh asal bertindak semau kita tanpa memperhatikan keadaan sekitar kita. Jadi penyesuaian diri memiliki pengaruh yang sangat besar sekali yang terkadang bisa menentukan seberapa lama kita dapat bertahan dalam organisasi atau kelompok tersebut. Nah maka dari itu saya akan sedikit memberikan kalian solusi gimana sih cara agar kita dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan atau organisasi yang kita baru tempati.

1. Kenali diri sendiri

Kenali diri sendiri lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan kita. Ketika kita paham dan kenal atas diri kita sendiri, kepribadian kita dan sejauh mana kemampuan yang kita miliki berarti kita paham dan tau situasi seperti apa atau perilaku seperti apa yang bisa membuat kita nyaman atau sebaliknya. Misalnya, apabila kalian termasuk dalam kategori kepribadian Openness yang tinggi dimana kalian suka akan tantangan baru kalian bisa mencari, menganalisis atau menciptakan tantangan baru dalam kelompok kalian agar bisa membuat kalian nyaman. 

Atau jika kalian memiliki kepribadian Neorotisisme, dimana sifat ini memiliki ketidakstabilan emosi yang tinggi. individu yang memiliki sifat Neorotisisme cenderung memiliki tingakt stress dan mudah khawatir yang tinggi. Jadi untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan atau organisasinya, individu tersebut harus paham bagaimana solusi atau cara untuk bisa merendahkan tingkat stress dan khawatir yang berlebihan pada dirinya agar tidak memberikan dampak terhadap sekitar atau bisa juga mereka dengan sifat ini menciptakan susana kerja yang lebih tenang dari yang lain.

2. Memberanikan diri untuk memulai sesuatu

Ketika sudah berada dalam suatu organisasi atau kelompok kita tidak mungkin secara terus menerus mengandalkan orang lain untuk memulai sesuatu baik memulai secara tindakan atau komunikasi. Maka dari itu, apabila kita harus bisa memulai untuk memberanikan diri dan percaya bisa melakukan hal baru atau memulai sesuatu yang baru yang dapat membuat meningkatkan kenyamanan kita dalam organisasi atau kelompok tersebut.

 Apabila kalian merasa tidak bisa atau tidak berani memulai sesuatu yang memiliki resiko besar mulailah dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu seperti mulai percakapan antar sesama anggota, berikan kenyamanan satu sama lain dan berikan perhatian kecil atau kepercayaan kepada mereka. Ketika sedikit demi sedikit hal kecil telah kalian lakukan maka secara tidak langsung kalian akan paham atas kondisi organisasi atau kelompok kalian, kalian juga tau kepribadian anggota satu dengan yang lain sehingga kalian lebih tahu batasan dalam bertindak dan tingkat rasa tidak enak kepada anggota lain menurun sehingga kalian lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan