Mohon tunggu...
Alif Adanni
Alif Adanni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN-T UPI 2021: Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

31 Juli 2021   01:50 Diperbarui: 31 Juli 2021   02:42 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN-T UPI 2021: Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sampai saat ini pandemi covid-19 masih terus berlangsung memakan korban jiwa lebih banyak terus menerus. Semoga yang telah gugur dalam perang melawan virus covid-19 mendapatkan tempat yang layak. Pandemi membuat pola pikir kita kacau dan tidak bisa berpikir jernih dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Dikarenakan pembatasan kegiatan dan protokol kesehatan yang harus diterapkan dalam segala aspek kita harus melebihkan proteksi terhadap kesehatan kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Akhirnya kita jadi tidak memperhatikan kesehatan kita sendiri yang padahal adalah keutamaan dalam menghadapi masa pandemi seperti sekarang. Hal-hal yang kita sering lakukan karena keterbatasan kegiatan adalah bermalas-malasan, makan tidak seimbang, jarang olahraga, kurang istirahat dan kurangnya protokol kesehatan saat beraktivitas diluar rumah.

Padahal kesehatan adalah karunia dari Tuhan yang sering terlupakan keberadaannya. Kehehatan yang kita sering pahami adalah kesehatan dalam fisik saja. Padahal kesehatan yang sebenarnya adalah sehat fisik dan mental. Sejahtera secara jiwa dan raga.

Setiap kita berhadapan dengan kendala dalam melaksanakan sesuatu baik dalam masalah apapun sebenarnya pasti ada jalan keluar untuk permasalahan tersebut. asalkan kita tetap berjuang untuk mencarinya.

Saudaraku setanah air-ku, Yuk kita tingkatkan kualitas kesehatan kita dengan cara berikut ini.

Makan sehat

Makanan yang sehat dan seimbang sudah kita ketahui sedari SD, tetapi entah mengapa kita melupakan dan mengabaikannya ketika kita dewasa. Padahal makan yang sehat dan seimbang adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan. Jika tubuh penuh dengan energi, aktivitas juga akan lancar, apalagi saat pandemi seperti ini, makanan yang kita makan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita dan kekuatan kita dalam melawan virus covid-19

Minum air mineral cukup.

Minum air mineral yang cukup memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita seperti meningkatkan kesehatan tulang dan otot, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi. Saat ini tentunya kita ada di saat dimana minum itu hanya ketika haus saja karena padatnya kegiatan, harusnya kita jadwalkan minum ini seperti halnya kita menjadwalkan makan. Dengan demikian kebutuhan mineral dapat terpenuhi dengan baik.

Olahraga teratur

Olahraga memang bukan kegemaran semua orang, tetapi olahraga juga menjadi kebutuhan untuk tubuh kita. Sudah tidak diragukan lagi jika olahraga yang cukup memiliki manfaat yang sangat banyak. Dan akibatnya jika tidak olahraga teratur juga sangat banyak. Jadi tidak ada alasan untuk tidak olahraga. Tidak bisa keluar rumah? Kalian bisa olahraga di halaman rumah saja dengan keluarga ataupun dengan tetangga sekitar sambil mempererat silaturahim. Asalkan tetap jaga protokol kesehatannya ya! Tidak perlu olahraga yang berat, olahraga ringan saja,  yang penting teratur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN