Mohon tunggu...
Alicia Yolanda Bawuna
Alicia Yolanda Bawuna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

suka kopi, suka foto, suka dolan suka apalagi ya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Lahirnya Jurnalisme di Dunia

24 September 2021   14:11 Diperbarui: 24 September 2021   14:29 187 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lahirnya Jurnalisme di Dunia
Sumber : Pixels

Jurnalisme dimulai sejak kekaisaran romawi kuno guna menyebarkan dan mengirimkan informasi yang berkaitan dengan kepentingan negara dan berita lokal ke sejumlah papan pengumuman kekaisaran (acta diurna). Saat itu Julius Caesar (100-44 SM) sebagai kaisar Romawi, ingin pesan-pesan kekaisaran berupa keputusan, aturan hukum, dan urusan lainnya tersosialisasi dengan baik sehingga rakyat dapat mengetahui segala hal yang ada dalam istana. Lahirnya jurnalistik sendiri merujuk kepada "Acta Diurna" pada zaman Romawi Kuno masa pemerintahan kaisar Julius Caesar.

Sumber : ExtraStory
Sumber : ExtraStory

Apa itu Acta Diurna ?

Acta Diurna diyakini sebagai sebuah produk jurnalistik pertama seperti pers, media massa, atau surat kabar harian di dunia. Maka dari itulah kaisar Julius Caesar pun disebut sebagai "Bapak Pers Dunia". Padahal kenyataannya Julius Caesar hanya meneruskan dan mengembangkan tradisi Acta Diurna sejak pada awal berdirinya kerajaan Romawi. 

Pada masa itu juga, atas peritah Raja Imam Agung, semua kejadian penting haruslah dicatat pada papan tulis yang digantungkan di serambi rumah (Annals). Annals merupakan pemberitahuan bagi setiap masyarakat yang lewat dan membutuhkan.  Saat masih menjadi kaisar, Julius Caesar memerintahkan agar hasil sidang dan kegiatan para anggota senat setiap hari diumumkan pada Acta Diurna. Begitu pun juga dengan berita kejadian sehari-hari, peraturan-peraturan, dan apa yang perlu disampaikan kepada rakyat. Acta Diurna harus ditempel pada setiap pusat kota yang biasa disebut  sebagai "Forum Romanum" yang digunakan sebagai informasi untuk rakyat.  

Pada saat itu juga beriringan dengan munculnya profesi Diurnarii, yang tidak lain tidak bukan adalah seseorang yang bekerja membuat catatan tentang hasil rapat pemerintah dari Acta Diurna itu untuk setiap harinya, juga untuk para tuan tanah dan para saudagar. Dari kata Acta Diurna inilah secara harfiah kata jurnalistik berasal yaitu kataDiurnal" (dalam Bahasa Latin berarti harian). Setelah itu diadopsi ke dalam bahasa Prancis menjadi "Du Jour" dan bahasa Inggris Journal yang berarti hari, laporan berita harian.

Sumber : robibudiman05
Sumber : robibudiman05

Berkembangnya Jurnalisme Dunia

Seiring berkembangnya jurnalisme di dunia, ppada tahun 911 M di China lahirlah surat kabar cetak dengan nama "Tching-pao" yang artinya adalah "Kabar dari Istana" dan pada tahun 1351M, Kaisar Quang Soo menyebarkan surat kabar Tching-pao untuk dapat dibaca oleh rakyatnya sebagai berita harian yang terbit setiap seminggu sekali. Jurnalisme pun kian lama mulai dikenal oleh beberapa negara. 

Dan berikutnya, pada tahun 1450 kemajuan jurnalistik berkembang dengan pesat diiiringi penemuan mesin cetak oleh seeorang bernama Johan Guttenberg. Berita yang cukup menggemparkan yang kala itu diumumkan lewat surat kabar tersebut adalah berita tentang penemuan Benua Amerika oleh Christoper Colombus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan