Mohon tunggu...
Ali Anshori
Ali Anshori Mohon Tunggu... Ali anshori

Bekerja apa saja yang penting halal. Hobi olahraga dan menulis tentunya

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Inilah Surganya Kalimantan Barat

20 November 2015   20:25 Diperbarui: 25 November 2015   06:58 11621 15 14 Mohon Tunggu...

[caption caption="Riam Merasap"][/caption]Bosan dengan wisata yang itu-itu saja, kini saatnya kita mencoba dengan objek wisata yang lebih menantang. Coba saja datang ke Kalimantan Barat. Sebab di daerah ini banyak sekali objek wisata yang bisa menghilangkan kepenatan akibat rutinitas sehari-hari. Apalagi tidak lama lagi anak-anak sekolah akan memasuki liburan, tidak ada salahnya kita mencoba berkunjung ke beberapa objek wisata di Kalbar.

Kalau hanya membaca postingan ini mungkin anda masih belum puas, cobalah berkunjung langsung, maka anda akan merasakan bagaimana indahnya pemandangan alam di Kalbar dan inilah yang saya sebut dengan surganya Kalimantan Barat. Namun kali ini informasi yang saya suguhkan hanya sebagian kecil potensi wisata yang ada, khususnya wisata alam air terjun yang akan membuat anda ingin berlama-lama di sana. Yuk kita simak.

Air Terjun Merasap

Ketinggian air terjun Merasap ini sekitar 27 meter dan lebar sekitar 200 meter. Air terjun ini terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Dari Pontianak, dapat ditempuh menggunakan perjalanan darat kurang lebih 4 jam dengan kondisi jalan mulus.

Air Terjun Tikalong

[caption caption="Air Terjun Tikalong "]

[/caption]Air terjun ini berada di desa Karangan Kecamatan Menyuku kabupaten Landak, memiliki ketinggian kira-kira 5 meter. Dari pontianak kira-kira harus menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam.

Air Terjun Entugun

[caption caption="Air Terjun Entungun (foto Gam Tribun ptk)"]

[/caption]Air terjun ini terletak di Dusun Kepayang Desa Tembaga Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau, berbatasan dengan Ketapang ini, air terjun ini mempunyai tiga tingkatan.

Masing-masing tingkatan ada kurang lebih 30 meter. Airnya deras berliku-liku dan batunya terhampar saling memadu antara satu dengan yang lain. Gunungnya tinggi berhutan lebat lagi terjal disertai kucuran dan gemuruhnya air terjun membuat kita tak dapat mengungkapkan dengan kata-kata lisan. Air mengalir silih berganti berhawa dingin dan sejuk terasa sampai ketulang.

Keajaiban pesona alam yang satu ini sangat menarik, juga ini adalah merupakan salah satu aset wisata daerah yang sangat perlu perhatian oleh pemerintah daerah untuk dilestarikan keasliannya. Dari ibu kota Kabupaten kurang lebih 45 km, dapat ditempuh menggunakan jalan darat dengan kendaraan roda empat dan roda dua.

Air Terjun Bukit Raya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x