Mohon tunggu...
Alia Azizah
Alia Azizah Mohon Tunggu...

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Gusdurian Tak Lupa Dosa-dosa Jusuf Kalla

26 April 2014   00:09 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:11 775 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gusdurian Tak Lupa Dosa-dosa Jusuf Kalla
Sumber: rmol.co

Gus Dur Simpan 350 Berkas Bukti Korupsi JK

[caption id="" align="aligncenter" width="450" caption="Sumber: rmol.co"][/caption]

Pada massa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, tercatat sejumlah nama menteri yang dipecat karena berbagai alasannya. Salah satu menteri yang dipecat oleh Gus Dur adalah Jusuf Kalla yang saat itu menjabat sebagai Menteri Perisdustrian.

Banyak yang tidak mengetahui penyebab Gusdur memecat JK. Kabar yang beredar selama ini hanya menyebut bahwa JK tidak bisa lagi diajak bekerja sama dalam pemerintahan Gus Dur. Juga cerita bagaimana JK mengelabui Gus Dur agar tidak dipecat namun akhirnya dipecat juga.

Saat itu JK pergi ke luar negeri tanpa izin dan ketika tahu, Gus Dur langsung menyuruhnya pulang ke Indonesia. Sesampainya, JK menemui Gus Dur dan ketika itu juga Gus Dur memecatnya namun JK selamat karena dirinya membohongi Gus Dur dengan memberikan kertas kosong yang disebutnya berisi izin dari Setneg.

"Gus Dur tidak melihat. Nah, karena saya tipu itu, saya selamat dari pemecatan. Tapi, pas sebulan kemudian, saya dipanggil lagi. Dan, kali itu, saya dipecat betulan," aku JK.

Namun sebenarnya bukan itu alasan sesungguhnya mengapa Gus Dur memecat JK. Alasannya adalah terkait korupsi yang dilakukan JK. Gus Dur memiliki 350 berkas bukti yang berisi tindak kecurangan korupsi JK. Namun kasus korupsi JK tidak pernah ditindaklanjuti dengan alasan yang tidak diketahui secara pasti.

Kasus – kasus tersebut juga tidak mencuat ke permukaan karena kelihaian JK menutupinya.  JK tidak hanya memiliki dosa – dosa korupsi yang berhasil ditutupinya rapat – rapat, dirinya juga sangat bertindak KKN. Untuk yang satu ini, rasanya sudah banyak masyarakat yang tahu, bagaimana JK memberikan jabatan – jabatan strategis pada keluarganya dalam pemerintahan ataupun memberikan proyek – proyek pemerintahan pada perusahaan milik kerabatnya.

Gusdurian tidak akan pernah melupakan perlakuan JK kepada Gus Dur di masa lampau, oleh karena itu JK tidak akan pernah mendapatkan dukungan dari para Gusdurian.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x