Mohon tunggu...
Ali Muakhir
Ali Muakhir Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Cerita Anak, Content Writer, dan Influencer (cp: ali.muakhir@gmail.com)

Penulis Cerita Anak, Content Writer, dan Influencer I Selama ini ngeblog di https://www.alimuakhir.com I Kerjasama bisa melalui (cp: ali.muakhir@gmail.com) Terima Kasih

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Mengolah Pisang, Kandungan Nutrisi, dan Manfaatnya

18 Juli 2021   13:55 Diperbarui: 4 Agustus 2021   14:14 1028 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengolah Pisang, Kandungan Nutrisi, dan Manfaatnya
Pisang Menjadi Toping Sereal untuk Sarapan (Foto dari Pixabay)

JIKA ditanya, buah apa yang selalu ada di meja makan? Jawabannya pasti buah pisang. Selain seisi rumah suka memakannya, harganya ramah di kantong, dan yang paling penting kandungan nutrisinya berlimpah.

Setiap pagi, pisang menjadi toping untuk sarapan. Biasanya dijadikan toping roti gandum, toping bubur, atau toping sereal. Buah bertekstur lembut dan punya cita rasa manis asam ini memang cukup membuat kenyang.

Sebagai buah tropis, pisang memang sangat mudah didapatkan, termasuk di tukang sayur yang sering keliling di komplek atau warung-warung sayur di sekitar komplek perumahan. Tidak heran karena pisang sudah menjadi komoditas hortikultura prioritas keempat setelah beras, susu, dan gandum.

Jenis pisang yang tumbuh di negara tropis seperti di negara kita sangat banyak, baik sebagai buah segar maupun sebagai bahan olahan. Sebagai gambaran, berikut ini ada 5 jenis pisang paling populer dan cara yang tepat untuk mengolahnya.

1). Pisang Raja

Salah satu jenis pisang lokal yang memiliki rasa khas dan nilai jual tinggi adalah Pisang Raja. Karakteristik Pisang Raja ukuran sedang, buahnya tebal dan berwarna kuning kejingga-jinggaan. Saat telah matang, kulitnya sedikit bercorak kehitaman. Cita rasa Pisang Raja sangat manis dan memiliki aroma yang harum.

Daging Pisang Raja yang tebal dan padat menjadikan pisang ini sangat digemari. Pisang Raja enak dimakan secara langsung maupun diolah menjadi Bolu Pisang atau kue tradisional seperti Nagasari. Pisang Raja juga digunakan sebagai bahan utama makanan khas Makassar, Es Pisang Ijo.

Pisang Cavendish yang Berwarna Kuning Mulus (Foto dari Pixabay)
Pisang Cavendish yang Berwarna Kuning Mulus (Foto dari Pixabay)
2. Pisang Cavendish

Siapa yang nggak kenal dengan Pisang Cavendish? Salah satu jenis pisang yang menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang tergolong tinggi. Pisang dengan bentuk melengkung dan memiliki panjang sekitar 14-15cm ini memiliki kulit berwarna kuning mulus dan bersih.

Saat telah matang, siapa pun pasti beranggapan jika  Pisang Cavendish ini produk impor dari luar negeri. Padahal Pisang Cavendish produk asli Indonesia, lho. Perkebunan terbesar Pisang Cavendish berada di Lampung, Sumatera Selatan.

Pisang Cavendish dikenal memiliki tekstur daging buah yang lembut, padat, dan memiliki cita rasa sedikit asam. Pisang Cavendish cocok dikonsumsi secara langsung, maupun diolah menjadi pisang goreng atau pisang kukus. Saat ini Pisang Cavendish banyak diolah menjadi makanan kekinian yaitu Banana Nugget.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x