Ali Muakhir
Ali Muakhir Profesional

@KreatorBuku CoFounder Forum Penulis Bacaan Anak, Penikmat wisata yang ngeblog di www.alimuakhir.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Wuling Confero S, Mobil Keluarga Asia dengan Nuansa Eropa

8 Januari 2018   09:36 Diperbarui: 8 Januari 2018   10:06 3475 1 1
Wuling Confero S, Mobil Keluarga Asia dengan Nuansa Eropa
Wuling Confero S yang mampu mengalihkan pandangan (Foto Ali)

Sepertinya sudah menjadi tradisi di negeri kita kalau tahun baru apa-apa ingin yang baru, termasuk mobil baru. Bukan apa-apa, harga mobil baru jelang penutupan tahun biasanya lebih murah karena ada diskon gede. Tak heran jika orang ramai-ramai ingin ganti mobil.

Ngomong-ngomong tentang mobil, saat ini banyak merek mobil baru menyerbu pasar nasional. Bahkan, baru-baru ini salah satu merek mobil terkenal dari Negeri Tirai Bambu meresmikan pabriknya di Cikarang. Apalagi kalau bukan PT. SGMW MOTOR INDONESIA yang merupakan perwakilan dari SAIC-GM-WULING Automobile.

Alamat pabrik PT. SGMW MOTOR INDONESIA, Greenland International Industrial Center (GIIC), tepatnya di Blok BA No. 1, Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, Jl. Tol Jakarta-Cikampek KM 37, Kode Pos 17530.

Mereka memasarkan mobil di Indonesia selain karena potensi pasarnya sangat luas juga karena kebutuhan pasar akan jenis mobil keluarga sangat tinggi,  tak heran jika pada awal produksi, Wuling memproduksi mobil jenis MVP yang memang cocok untuk keluarga. Wuling mengeluarkan merek Wuling Confero S.

Konon Confero berasal dari Bahasa Latin yang artinya "Untuk menyatukan" (to bring together). Sedangkan huruf  "S" yang menyertai kata Confero merupakan singkatan dari kata "Sporty". Confero S berarti mobil sporty untuk menyatukan keluarga, hehehe.

Karena penasaran, saya datang ke salah satu dealer Wuling di Jl. PH.H. Mustofa No.188, Padasuka, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40125. Saya mendapat informasi kalau Confero menyediakan tiga (3) varian; Confero 1.5, Confero S 1.5C, dan Confero S 1.5L. Pilihan warnanya pun cukup beragam. Ada Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry Black, dan Dazzling Silver.

Dealer Wuling di Jl.PH.H. Mustofa No.188, Padasuka, Bandung (Foto Ali)
Dealer Wuling di Jl.PH.H. Mustofa No.188, Padasuka, Bandung (Foto Ali)

Bernuansa Eropa

Terus terang, saya sangat penasaran dengan Wuling selain karena kehebohan saat Jakarta Fair awal Bulan Juni lalu, juga karena foto viral di media sosial beberapa waktu lalu. Sebuah kecelakaan di Sulawesi, tepatnya Minahasa yang sempat viral.

Kecelakaan yang terjadi antara Mobil Wuling Confero S dengan sebuah angkot tersebut cukup mencengangkan. Pada foto yang beredar tampak bumperbelakang angkot penyok, sementara Mobil Wuling Confero S terlihat baik-baik saja. Hanya terjadi sedikit kerusakan di bagian kap mobil. Artinya, body Confero memang dibuat dari bahan yang tak biasa. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain, yang jarang dimiliki mobil-mobil jenis MVP lainnya yang membuat Confero S berbody simpel, tetapi tetap terlihat modern.

Siap melayani pembeli kapan pun (Foto Ali)
Siap melayani pembeli kapan pun (Foto Ali)

1). Bagian Depan dan Tengah Body Mobil

Saya lihat bagian body Confero S ini simpel, tetapi tetap terlihat modern. Lihat saja desainnya, mulai dari grille yang dibuat dengan garis dan bumper, yang dilengkapi dengan chrome sehingga memperjelas kesan simple dan modern.

Kemudian bagian samping, meski tampak sederhana, tetapi pengguna masih bisa melihat kesan stylish karena gaya luxury side body molding. Kaca spion yang disematkan memiliki teknologi door mirror yang bisa diatur tanpa harus membuka jendela.

Lanjut pada bagian depan body yang disematkan headlamp. Headlamp berupa Adjustable Projector Headlight yang dilengkapi foglamp dengan fitur Daytime Running Light. Daytime Running Light ini yang bisa menyala sendiri saat mesin dinyalakan.

Keberadaan foglamp akan sangat membantu pengendara pada saat menembus jalanan yang berkabut. Adjustable Projector Headlight sendiri pancaran cahayanya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Terkesan simple dan modern (Foto Ali)
Terkesan simple dan modern (Foto Ali)

2). Bagian Belakang

Sebagai pengamanan, selain desain body yang masih selaras dengan bagian depan dan bagian tengah, bagian belakang Confero S juga disematkan Stop Lamp Rear Combination Lamp yang bisa memberikan penerangan yang sangat baik pada saat malam hari. Terutama pada saat melakukan pengereman.

Kemudian sebagai pemanis dan penegasan, pada bagian belakang disematkan logo Wuling dengan balutan krom. Desain logo menurut saya sangat cantik dan semakin menambah eksterior Wuling Confero S sangat menarik.

Bagasi cukup lapang (Foto Ali)
Bagasi cukup lapang (Foto Ali)

3). Dashboard yang Elegan

Yuk, masuk bagian interior Wuling Confero S. Mulai dari dasboard yang didesain sangat elegan. Lihat saja mulai dari 8 inch touchscreen yang bisa dihubungkan dengan smartphone. System kendali AC yang berteknologi electro motion dan dual blower. Lantas kamera sensor yang memudahkan pengemudi pada saat memarkir kendaraan. Fitur USB Socket yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone.

Pada bagian indikator, Confero S memiliki teknologi MID Luxury Cluster yang akan menampilkan informasi yang sangat akurat. Pada bagian MID tersebut juga disematkan fitur yang bisa mendeteksi apabila ban memiliki tekanan yang kurang.

Modern dan elegan (Foto Ali)
Modern dan elegan (Foto Ali)

4). Interior 7 Seater

Pada bagian interior, Wuling Confero S dilengkapi dengan captain seat dengan 7 seater. Ruangan dalamnya terlihat lebih luas sehingga membuat penumpang nyaman berada di dalam. Kenyamanan penumpang semakin terjaga dengan kehadiran fitur Multi Information Display (MID). Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui seluruh informasi mengenai kendaran.Tidak hanya itu, Wuling Confero S juga melengkapi interior dengan power outlet USB di setiap baris kursi. Bener-bener lengkap, deh.

Nyaman dikendarai (Foto Dok.Pri)
Nyaman dikendarai (Foto Dok.Pri)

5). Irit Bahan Bakar

Berbicara tentang mesin, Wuling Confero S tidak main-main. Confero S telah dilengkapi dengan mesin 4 silinder in line dengan tipe DOHC DVVT. Memiliki kapasitas hingga 1.485 cc. Sistem transmisi yang digunakan adalah 5 speed manual.

Dengan kelengkapan mesin seperti yang saya sebutkan di atas, Wuling Confero S bisa memiliki tenaga hingga 107 hp pada pada putaran 5.800 rpm dan torsi yang dihasilkan hingga 142 Nm. Pada bagian bahan bakar, MPV Wuling Confero S memiliki teknologi MPI yang bisa memberikan performa yang maksimal, tetapi tetap irit bahan bakar.

Mesin ada di bagian depan (Foto Ali)
Mesin ada di bagian depan (Foto Ali)

6). Vitur Keamanan

Sebagai mobil keluarga, fitur keamanan penumpang pastilah jadi yang paling dilihat calon pembeli. Oleh karena itu, Confero S pun dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan seperti pemantau tekanan ban, ABS, EBD, Dual Front SRS Airbag, Isofix, Auto Door Lock, Auto Unlock Collision, sensor empat kamera belakang untuk parkir dan dua kamera di depan serta rem cakram depan dan belakang, termasuk juga fitur Immobilizer, Smart Key, dan Anti Theft System. Beneran, jadi makin aman dan nyaman pakai Wuling Confero S.

Pantau ban cukup di depan kemudi (Foto Ali)
Pantau ban cukup di depan kemudi (Foto Ali)

7). Harga Bersaing

Meski pun Wuling Confero S memiliki banyak kelebihan dibanding dengan mobil MVP sejenis, tetapi harganya tetap bersaing. Bahkan cenderung lebih murah. Harga mulai dari angka Rp130 juta hingga Rp160 juta.

Tidak hanya itu, kalau tertarik dan mau pesan, cukup membayar booking fee Rp5 juta saja. Belum lagi dengan garansi selama 3 tahun atau 100.000km, Garansi komponen utama mesin dan transmisi selama 5 tahun atau 100.000km, dan Garansi suku cadang selama 1 tahun yang ditawarkan.

Duh, rasanya saya bener-bener gatel ingin ganti mobil. Apalagi kalau bukan ganti pakai Wuling Confero S ini. Bukan apa-apa, selain kelebihan di atas, meski pabriknya masih baru, tetapi tidak perlu khawatir dengan suku cadang karena Dealer Wuling sudah pula menyediakan fasilitas seperti Sales, Service, Spare Parts.

Ready stok jadi bisa langsung bawa pulang (Foto Ali)
Ready stok jadi bisa langsung bawa pulang (Foto Ali)

Bengkel siap menerima servis kapan pun (Foto Ali)
Bengkel siap menerima servis kapan pun (Foto Ali)

Kita juga tidak perlu khawatir akan ketersediaan spare parts karena terintegrasi dengan fasilitas Wuling di Cikarang, menyediakan stok suku cadang dengan stok yang sangat mencukupi. Bahkan hingga akhir tahun 2017 ini, sudah terdapat 52 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap melayani keluarga Indonesia. Oh iya, list dealer dapat dilihat di sini dan info layanan bisa dilihat di sini.

So, sudah siap menyambut tahun baru dengan mobil baru? Segera saja datang ke dealer-dealer Wuling yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

@KreatorBuku