Mohon tunggu...
alga jaesenfernanda
alga jaesenfernanda Mohon Tunggu... universitar islam negeri raden fatah palembang

bermain bola

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Lewat Metode Picture Describing dikalangan karang taruna di Desa tebat gunung

10 Juni 2025   22:06 Diperbarui: 10 Juni 2025   22:06 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN-PKM Memberikan penerapan pembelajaran bahasa inggris untuk kalangan remaja di desa tebat gunung kota pagar alam.

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di tingkat desa atau kelurahan yang memiliki potensi besar dalam pengembangan sumber daya manusia, termasuk dalam hal peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Salah satu metode yang efektif dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris adalah Picture Describing (deskripsi gambar), yang dapat mendorong kreativitas, keberanian berbicara, serta pemahaman kosakata dan struktur kalimat.

Picture Describing adalah metode pembelajaran bahasa yang menggunakan gambar sebagai media untuk mendeskripsikan objek, situasi, atau aktivitas yang tampak pada gambar. Metode ini melibatkan keterampilan berbicara (speaking), menulis (writing), dan berpikir kritis (critical thinking).

1. Tujuan Penerapan
a. Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris anggota karang taruna.

b. Membangun kepercayaan diri dalam komunikasi lisan.

c. Mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas.

d. Meningkatkan pemahaman terhadap struktur kalimat dan kosakata.

2. Manfaat Bagi Karang Taruna
a. Mendorong kegiatan positif dan edukatif di kalangan remaja.

b. Meningkatkan daya saing pemuda dalam menghadapi tantangan global.

c. Membangun komunitas pembelajar yang aktif dan kreatif.

3.Langkah-Langkah Penerapan
Berikut adalah tahapan penerapan metode Picture Describing dalam kegiatan Karang Taruna:

a. Persiapan
Menyediakan berbagai jenis gambar (aktivitas sehari-hari, pemandangan, pekerjaan, dll).

Menentukan tema sesuai dengan minat peserta (misalnya: hobi, lingkungan, budaya).

b. Pelaksanaan
Pemanasan (Warming Up): Ice breaking ringan dalam bahasa Inggris.

Pembagian Gambar: Setiap peserta atau kelompok diberi gambar yang berbeda.

Deskripsi Lisan: Peserta diminta untuk mendeskripsikan gambar tersebut secara lisan di depan kelompok.

Diskusi dan Tanya Jawab: Peserta lain dapat mengajukan pertanyaan atau menambahkan deskripsi.

Penilaian dan Umpan Balik: Pemberian masukan secara konstruktif dari fasilitator.

4. kesimpulan 

melalui adanya kegiatan para karang taruna didesaa tebat gunung sudah lebih baik memahami pembelajaran bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari karena adanya kegiatan mahasiswa KKN-PKM mempermudah remaja dalam memahami bahasa inggris sedikit demi sedikit.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun