Mohon tunggu...
Alfonsus G. Liwun
Alfonsus G. Liwun Mohon Tunggu... Wiraswasta - Memiliki satu anak dan satu isteri; Hobi membaca, menulis, dan merefleksikan.

Dum spiro spero... email: alfonsliwun@yahoo.co.id dan alfonsliwun16@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Memaknai "Kakak Adik" dalam Perumpamaan Menjelang Natal

14 Desember 2021   13:04 Diperbarui: 14 Desember 2021   13:12 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Komunitas Basis St. Anonius Abbas Menjunggi Para Lansia di Sungailiat Bangka

Tulisan dengan judul di atas, terinspirasi dari Injil Matius 21: 28-32. Teks bacaan harian yang direnungkan umat katolik sejagad pada hari Selasa, 14 Desember 2021. Dalam konteks renungan ini juga sebagai cara umat katolik mempersiapkan diri menyambut Hari Natal, 25 Desember nanti.

Kisah Perumpamaan Yesus, Matius 21: 28-31a

 Nabi Yohanes Pembaptis adalah salah seorang nabi besar. Karena perannya dalam penutup kisah Perjanjian Lama dan membuka kisah Perjanjian Baru. Tampilannya di Sungai Yordan, dengan suara keras dan tajam menusuk hati. "Hai kamu keturunan ular beludak.  Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka..." (Mat. 3:7). Kehebatan Yohanes Pembaptis dengan suranya yang menohok ini, ternyata hari ini Matius melukisnya bahwa ia datang bersama-sama dengan orang percaya kepada Yesus (Mat. 21: 28). Salah seorang nabi besar, tetapi perannya hanya membuka jalan bagi Putera Allah, Yesus.

Kesempatan yang baik yang dikisahkan Matius hari ini ialah perumpamaan "kakak adik" ditujukan kepada para audiens Yesus, yaitu imam-imam kepala dan pemuka bangsa Yahudi. Terhadap para pembesar Yahudi Yesus menyampaikan pengajaran-Nya dengan perumpamaan "kakak adik". Yesus dengan gaya pengajaran yang khas yaitu perumpamaan mau membantu mereka untuk melihat "makna terdalam" dari arti pilihan hidup.

Matius menyebut bahwa "kakak adik" ialah laki-laki semua. Kepada keduanya ditawarkan untuk pergi ke kebun anggur untuk bekerja di sana. Tawaran ini ditanggapi keduanya dengan cara yang berbeda. Si kakak menjawab "ya" tetapi nyatanya tidak pergi ke kebun anggur. Jawaban ya hanya manis dibibir saja. Tetapi hatinya, tidak mau. Ya, jawaban si kakak hanya menyenangkan hati. Tetapi dalam hatinya dongkol setengah mau mati. Sebuah jawaban yang tidak jujur, tidak tulus, dan tidak ikhlas. Dari jawaban si kakak, boleh dibilang bahwa eksistensi seseorang tidak dibenarkan dari kata-kata dengan hiasan manis, namun kata dan tindakan harus sejalan-seia, sehati-sejajar.

Menariknya bahwa Matius melukiskan bahwa si adik, mempunyai jawaban atas tawaran dengan "tidak". Faktanya ia menjalankan yaitu pergi ke kebun anggur untuk bekerja. Jawaban "tidak" ternyata menyiksa diri si adik. Ia merasa bersalah. Ia merasa responsnya itu juga melukai hati si penawar. Solusi yang diambil si adik ialah "melakukan jawabannya" secara positip, yaitu melakukan tawaran si penawar dengan pergi bekerja di kebun angsur.

Sintesa Perumpamaan Yesus dalam Matius 21: 31b-32

 Perumpaan "kakak adik" memiliki konklusi yang jelas yaitu "si adik". Si adik terhadap tawaran si penawar, ia merespons dengan "negatif" namun karena hatinya terbuka melihat horisan tawaran begitu terbuka, ia mau menggagalkan keputusan yang negatip dengan melakukan tawaran yaitu pergi bekerja di kebun anggur. Jawaban si adik menjadi sintesa dalam pengajaran Yesus. Dan Matius mencatat penegasan Yesus dalam perumpamaan itu dengan "sesungguhnya pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal akan mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah" (Mat. 21: 31b). Dan hal yang sama seperti dikatakan oleh Yesus ini, telah ditegaskan oleh Yohanes Pembaptis sebelum Yesus tampil ke publik. "...pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundalpercaya kepadanya. Dan meskipun kamu melihatnya, tetapi kemudian kamu tidak menyesal dan kamu tidak juga percaya kepadanya." (Mat. 21: 32).

Implikasi dari Perumpamaan Yesus "Kakak Adik" bagi eksistensi seorang manusia

Jawaban si kakak dan di atas "arena" dibaca sebagai seseorang yang omong doank. Kata-kata meyakinkan, tetapi belum tentu tindakkan pun meyakinkan. Hanya omong doank dalam perumpamaan Yesus tadi ditujukkan kepada imam-imam kepala dan pemuka bangsa Yahudi. Mereka kelompok yang getol membuat banyak peraturan dan berbicara didepan umum, tetapi apa yang dibuat nihil dalam praktek hidupnya. Yang dibuat dalam pelbagai aturan dan hukum, dalam kenyataan menindas dan mempersempit ruang gerak orang-orang kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun