Mohon tunggu...
Alfonsus G. Liwun
Alfonsus G. Liwun Mohon Tunggu... Memiliki satu anak dan satu isteri

Dum spiro spero...

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Suatu Senja di Pantai Tikus Emas, Sungailiat

23 Mei 2020   12:04 Diperbarui: 23 Mei 2020   12:02 11 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Suatu Senja di Pantai Tikus Emas, Sungailiat
Dokumen pribadi, Pantai Tikus Emas (26/1/2020)

Sebelumnya saya sudah menulis tentang kunjungan keluarga saya di Pantai Temberan dan Pantai Pasir Padi. Pantai Temberan berada di Desa Air Anyir Kabupaten Bangka sementara Pantai Pasir Padi berada di wilayah Kota Pangkalpinang. Kedua destinasi ini sedang ramai diminati oleh masyarakat sekitar. Bahkan juga masyarakat dari kabupaten tetangganya. Kali ini saya mensharingkan pengalaman keluarga ketika berkunjung ke Pantai Tikus Emas Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka (26/1/2020). 

Senja itu begitu ramai para pengunjung. Di bibir pantai banyak anak-anak bermain pasir. Berenang untuk bersenang-senang. Di lapangan volley, anak remaja berkelompok bermain volley sambil berkelakar satu kelompok dengan kelompok lain. Di sudut penangkaran penyu, ibu-ibu dan bapak-bapak duduk sambil menikmati kerupuk dan minuman ala kadarnya semberi menikmati matahari turun ke peraduannya. 

Di dekat spiboat, anakku bersama mamanya, berenang dan bermain pasir. Asyik menikmati ombak laut kecil yang sedang menghempas bibir pantai. Sementara itu tak jauh dari kuberdiri, sekelompak anak-anak menaikan layang-layang dan menikmati tingginya layang-layang yang terbawa oleh angin senja yang tidak terlalu kencang.

Pantai Tikus Emas adalah juga salah satu destinasi yang lagi banyak dikunjungi oleh masyarakat Kota Sungailiat bahkan masyarakat yang berasal dari kabupaten tetangganya. Kekhasan pantai-pantai di Pulau Bangka, selalu ditumbuhi cemara-cemara yang tinggi dan lurus di bibir pantai. Memiliki pasir putih atau hitam yang bersih. Hal yang sama juga ada di Pantai Tikus Emas. Pantai Tikus Emas mulai dikenal masyarakat sudah lama. 

Hanya lebih kurang sejak 2011, pantai ini mulai dikelola dengan baik, sehingga sejak saat itu masyarakat berduyung-duyung datang dan menghabiskan waktu sejenak untuk menikmati keindahan pantai dan pesona laut yang terlihat begitu tenang. Orang-orang yang datang ke pantai ini tidak hanya menikmati pemandangan laut yang kelihat tanpa batas, tetapi juga kapal-kapal dan perahu-perahu kecil yang tidak hanya lagi mencari ikan tetapi kapal-kalap atau perahu-perahu itu sedang menambang timah lepas pantai. Makhlum Bangka terkenal dengan Pulau Timah dan Pulai Lada. 

Di Pantai Tikus Emas, pesisir pantainya begitu panjang. Sangat cocok untuk tempat beriman anak-anak dan remaja. Tentu juga orang-orang deasa. Di pantai ini ada tempat menangkaran penyu, ada caffee, ada tempat jualan makanan khas Bangka seperti kerupuk, empe-empe, siomay, dan lain-lain. 

Namun, tidak membuka kemungkinan untuk orang-orang yang datang ke situ dengan membawa makanan sendiri. Selain itu, di pantai itu pengelola menyediakan tempat olaraga seperti volley dan futsal serta permainan laut seperti sky dan banana serta kapal-kapal kecil lainnya. Di pantai ini juga menjadi tempat kemping untuk beberapa kelompok. Tempat parkirnya yang luas dan posisi kita ke pantai itu agak menurun namun telah tidak berbahaya bagi para mengunjung yang datang. 

Masyarakat di sekitar pantai itu, sangat bersahabat. Aman dan nyaman yang selalu menerima para pengunjung yang datang ke pantai itu. Tidak jauh dari pantai itu ada tempat wisata religi yang patut dikunjungi terlebih dahu yaitu tempat ibadah Budha, Tri Puri Agung dan tempat ziarah Rohani Katolik, Taman Doa Bintang Samudra yang sedang dalam proses pembangunan. 

Jika para pengunjung yang ingin menginap, tidak jauh dari pantai itu ada Hotel Tanjung Pesona dan Pesona Bay serta ada Hotel Parai Beach. Bahkan masih ada hotel-hotel dan tempat penginapan lain di Kota Sungailiat Rata-rata dari tempat penginapan ke tempat wisata Pantai Tikus Emas dan lain-lain hanya ditempuh 25-30 menit saja. Malam hari di kota Sungailiat ada banyak kuliner khas Bangka, karena itu jangan takut kelaparan dan ragu-ragu jika berkunjung ke Pangkalpinang dan kota-kota kabupaten di sekitarnya. 

Propinsi Bangka Belitung, terkenal dengan wisata baharinya. Belitung dengan Laskar Pelangi dan destinasi bahari lainnya, serta didukung oleh makanan-makanan yang khas begitu juga Pulau Bangka, juga ada kekhasannya ada Pantai Pasir Padi, Pantai Temberan, Pantai Tikus Emas, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Pesona, dan lain-lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x