Mohon tunggu...
Alfiyyah Humairah
Alfiyyah Humairah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan

Saya merupakan mahasiswa Universitas katolik Parahyangan jurusan matematika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Unpar 2022

24 November 2022   13:27 Diperbarui: 24 November 2022   13:32 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

              Sebelum melakukan tugas gladi homanisasi, saya mengerjakan tugas pra gladi yang berisi tentang makna dari lagu Indonesia Raya dan menganalisis mengenai tema budaya, lingkungan, dan ketahananan pangan serta peran mahasiswa. Gladi Homanisasi yang saya laksanankan tanggal 19 November 2022 dimulai dari menyanyikan Indonesia Raya lalu ucapan pembukaan dan penyampain materi mengenai nilai niali sindu Unpar dan Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti sebagai sesanti Unpar yang  artinya berdasarkan ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat. Setelah itu pembagian kelompok untuk masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan tema masing masing. Tema yang didapat oleh kelompok saya sendiri yaitu Hari Pohon. Setelah kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dipilihlah kelompok terbaik. Setelah itu penyampaian materi kembali dan ditutup dengan menyanyikan hymne dan mars Unpar.

             Banyak pengalaman yang saya dapatkan dari geladi Homaniasi, mulai dari diskusi kelompok dengan orang yang belum saya kenal,  berkenalan dengan orang lintas jurusan, diskusi materi dan pemilihan ketua kelompok, mencari materi dana mempresentasikannya dalam waktu singkat dan menarik. Saya menjadi menyadari setelah disuksi setiap pola pikir orang juga beda beda, tiap orang memiliki beda sudut pandang.

            Penggunaan logika dan bahasa sebagai warga negara sangat penting untuk diterapkan. Bahasa merupakan alat komunikasi antar individu, penyampaian bahasa yang baik dan jelas tidak ambigu menyebabkan informasi yang diterima juga sesuai dengan yang dimaksud. Logika diperlukan untuk memecahkan masalah dalam suatu persoalan, pertimbangan dan keluarnya jalan masalah dapat didapatkan dengan kita berpikir menggunakan logika.

            Banyak hal yang didapat Saya jadi menyadari banyak kemampuan saya yang belum saya asah seperti cara diskusi dengan orang baru, memulai percakapan, mempresentasikan hasil diskusi yang dibungkus dengan menarik, lebih berani berpendapat dan memulai percakapan selain itu juga saya mendapatakan materi mengenai banyaknya peringatan hari yang belum saya ketahui sebelumnya, seperti hari pohon, wayang, anak, kekerasan wanita dan masih banyak lagi.

            Kemampuan yang saya pelajari yaitu diskusi kelompok dalam waktu singkat, mencari ide presentasi yang menrik, diskusi dengan orang yang  baru saya kenal, berpikir cepat dan kritis, berpikir cara mempresentasikan hasil diskusi secara efisien dan semua materi tersampaikan, cara menyampaikan pendapat dengan bahasa yang dimenegerti semua orang , Selain itu nilai nilai sindu yang disampaikan yaitu menjadi manusia yang humanum , cinta kasih dalam kebenaran, dan menghormati dalam keberagaman akan saya terapkan di dunia perkuliahan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun