Mohon tunggu...
Nailia ZaniaAlfitri
Nailia ZaniaAlfitri Mohon Tunggu... mahasiswa Universitas Negeri Semarang

mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

SEHAT BERLITERASI : WASPADA HOAKS DI MASA PANDEMI

27 November 2020   13:10 Diperbarui: 27 November 2020   13:18 27 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SEHAT BERLITERASI : WASPADA HOAKS DI MASA PANDEMI
https://www.kominfo.go.id/

Selama masa pendemi covid -19 ini, terkabar banyak bermunculan informasi-informasi hoaks. Salah satunya ialah informasi di atas yang terkait dengan adanya bantuan pulsa dari pemerintah sebesar Rp 100.000 khusus untuk pelanggan PT Telekomunikasi Selular Indonesia.

Pesan yang telah tersebar melalui Whatsapp tersebut sempat menuai perhatian dari masyarakat, padahal pesan tersebut mengandung konten palsu atau hoaks.

Seperti yang telah dilansir oleh kominfo.go.id, menurut Tim Komunikasi PC-PEN, Hamdani mengatakan bahwa informasi bantuan pemerintah sebesar Rp100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia tersebut hoaks. Tautan yang disertakan dalam informasi tersebut mengarah pada situs platform permainan online Mobile Legend, mengindikasikan pada pencurian data.

Berdasarkan klarifikasi dari salah seorang anggota Tim Komunikasi PC-PEN, berita tersebut telah dikategorikan dalam berita hoaks oleh kominfo.go.id.

Selain berita di atas, tentu masih banyak lagi berita-berita hoaks yang telah beredar di masyakarat, terutama melalui alat digital seperti handphone dengan melalui media sosial. Membaca berita atau informasi melalui media sosial memang termasuk kegiatan literasi. Namun, kita harus senantiasa menerapkan literasi yang sehat dimana setiap informasi yang kita dapat tidak seharusnya kita terima secara mentah namun harus dianalisis duhulu kebenarannya. Oleh sebab itu, himbauan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika menemukan berita-berita baru. Hendaknya berita tersebut dicari terlebih dahulu kebenaranya agar kita senantiasa aman dalam berliterasi digital.       

       

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x