Dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), Dosen Departemen Geografi Universitas Negeri Malang (UM) melakukan inovasi melalui pengembangan soal try-out geografi berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK). Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen UM dalam mencetak guru profesional yang tidak hanya menguasai materi ajar, tetapi juga mampu mengajarkannya secara efektif sesuai karakteristik peserta didik.
Pengembangan soal try-out ini dirancang dengan mengintegrasikan tiga aspek utama dalam PCK, yaitu pengetahuan tentang isi materi (content knowledge), pengetahuan tentang pedagogi atau strategi mengajar (pedagogical knowledge), serta pemahaman terhadap cara peserta didik memahami materi (knowledge of learners). Melalui pendekatan ini, soal-soal tidak hanya mengukur penguasaan konten geografi, tetapi juga menilai kemampuan calon guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dalam konteks nyata kelas.
Pengembang Soal Try-Out Geografi Berbasis Pedagogical Content Knowledge menyampaikan bahwa inisiatif ini merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan bagi calon guru professional bidang studi Geografi. "Melalui pengembangan soal try-out berbasis PCK, kami ingin mendorong mahasiswa PPG UM bidang studi Geografi untuk berpikir lebih kritis dan reflektif terhadap peran mereka sebagai pendidik profesional," ujar Alfi Sahrina.
Soal-soal yang dikembangkan berdasarkan analisis pemetaan kompetensi lulusan dan juga Kurikulum Merdeka, asesmen formatif dan sumatif, serta kebutuhan pembelajaran geografi abad ke-21. Proses pengembangan dilakukan dengan merumuskan indikator dan spesifikasi soal, perumusan level kognitif (dari C1 hingga C6), penyusunan pembahasan serta memastikan adanya integrasi literasi spasial, lingkungan, dan kewilayahan yang menjadi ciri khas mata pelajaran Geografi.
Soal try-out yang dikembangkan sementara dirancang dalam bentuk buku latihan atau modul, yang tidak hanya berisi kumpulan soal berstandar asesmen UKPPG, tetapi juga dilengkapi dengan penjelasan konsep, pembahasan kunci jawaban, serta refleksi pedagogis. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif bagi calon guru, serta membantu mereka membangun rasa percaya diri dalam menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKPPG).
Ke depan, tim pengembang berencana melakukan validasi soal secara lebih luas dan menyusun bank soal PCK Geografi yang dapat digunakan secara berkelanjutan sebagai bagian dari sistem asesmen program PPG. Diharapkan, melalui pendekatan ini, UM dapat terus berkontribusi dalam menyiapkan guru geografi yang profesional, adaptif, dan unggul dalam menghadapi dinamika pendidikan nasional.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI