Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Dua Hal yang Paling Mudah untuk Dijadikan Bahan Tulisan

1 Oktober 2021   16:18 Diperbarui: 1 Oktober 2021   16:25 161 50 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menulis hobi. Gambar: Shutterstock | Nattakorn_Maneerat

Inspirasi adalah hal yang mewah bagi penulis. Terutama penulis picisan seperti saya yang menjadikan menulis hanya sekedar untuk menyalurkan hobi. 

Terkadang inspirasi mengalir begitu saja bagaikan air sungai di musim hujan, terus saja ada. Tetapi adakalanya sungai itu kering bak petani yang merindukan hujan di musim kemarau. 

Saya pikir banyak hal yang mempengaruhi mood orang untuk menulis. Dari mulai situasi kerja yang sibuk, dinamika dalam keluarga, hingga mood yang timbul tenggelam bagi mereka yang lagi cinta-cintaan alias berpacaran. Yang terakhir ini biasanya akan lebih gampang menulis kalau lagi ambyar (baca: patah hati).

Tetapi selama berlayar di Kompasiana dan menghasilkan 311 tulisan (masih kurang banyak bro!), serta membaca ribuan artikel ciamik dari teman-teman Kompasianer, saya mencermati sebagian besar tulisan itu selalu berkisar tentang dua hal. Walaupun tak seluruhnya begitu. 

Utamanya yang berkarya di jalur artikel populer (bukan artikel ilmiah). Saya sendiripun rasanya juga banyak menuliskan seputar dua hal ini karena dua hal inilah yang saya pikir memang menjadi referensi paling mudah ketika kita hendak menghasilkan sebuah tulisan. Apa itu? 

Pertama adalah hobi. Dan yang kedua, pengalaman

Sekali lagi saya berbicara tentang artikel populer ya, bukan artikel ilmiah yang banyak melengkapi referensi dari sumber-sumber ilmiah dan penelitian. Setidaknya penulis yang menulis hanya untuk bersenang-senang seperti saya ini.

Akan tetapi menulis tentang dua hal tersebut tak hanya menarik, terkadang juga unik. Tak jarang kita temukan pula unsur kebaruan dari pengalaman hidup orang lain.

Well, Let’s check it out..

1. Hobi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan