Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tanpa Christian Eriksen pun Denmark Tetap Meledak

27 Juni 2021   06:02 Diperbarui: 27 Juni 2021   06:48 312 35 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanpa Christian Eriksen pun Denmark Tetap Meledak
Striker Denmark Kasper Dolberg melakukan selebrasi usai mencetak gol melawan Wales. Gambar: tribunnews.com

Denmark tuntas melakoni laga 16 besar Euro 2020 menghadapi Timnas Wales. Laga yang berlangsung di Johan Cruyff Arena, Amsterdam pada Sabtu (26/06) itu dimenangi tim dinamit Denmark dengan skor meyakinkan 4-0. Kasper Dolberg menjadi pahlawan lewat sepasang golnya pada menit ke 27 dan 48. Sebelum Joakim Maehle dan Martin Braitwhite melengkapi pesta gol Denmark masing-masing pada menit 88 dan 90+4. Kredit sungguh layak diberikan kepada Kasper Dolberg. Penyerang klub Prancis, Nice tersebut sebenarnya bukanlah pilar utama. Ia bahkan hanya duduk dibangku cadangan dalam dua laga awal melawan Finlandia dan Belgia. Pada pertandingan kali ini Dolberg menggantikan Yussuf Poulsen yang mengalami cedera. Penyerang RB Leipzig itu adalah pilihan utama pelatih Kasper Hjullmand.

Meskipun tampil tanpa diperkuat pemain andalannya Christian Eriksen, Denmark seperti tidak kehilangan kekuatannya. Walaupun sempat kesulitan diawal laga, tim asuhan Kasper Hjulmand ini akhirnya tetap dapat menguasai jalannya pertandingan. Kombinasi apik formasi 3-4-3 Denmark amat merepotkan Wales. Meskipun diperkuat pemain-pemain bintang seperti Gareth bale dan Aaron Ramsey, Wales tidak mampu banyak berkutik.

Rekor Denmark

Kemenangan ini membuat Denmark mencetak rekor sebagai tim yang mampu mencetak empat gol dalam dua laga berturut-turut. Sebelumnya dalam laga pamungkas grup B, Denmark menghancurkan timnas Rusia dengan skor 4-1. Sekalipun kalah dalam dua laga awal melawan Finlandia dan Belgia, kemenangan itulah yang kemudian membawa Denmark menjejak babak 16 besar sebagai runner-up grup. Kemenangan serta rekor ini jelas menambah tebal kepercayaan diri para pemain timnas Denmark.

"Lihat saja dukungan kami di Amsterdam. Benar-benar gila. Ini membuat kepercayaan diri meningkat dan ini harus kami pertahankan. Kami tidak takut menghadapi siapapun. Kami fokus ke performa kami sendiri dan kualitas tim," ujar bek Denmark Joakim Maehle di situs resmi UEFA. Denmark memang mendapatkan atensi yang luar biasa dari publik Amsterdam dalam pertandingan kali ini.

Dengan kemenangan ini, Denmark dipastikan melaju ke perempatfinal Euro 2020. Ini merupakan perempatfinal ketiga bagi Denmark sekaligus yang pertama sejak 2004. Prestasi terbaik Denmark dalam ajang Euro adalah saat berhasil keluar sebagai juara di tahun 1992. Pada babak 8 besar nanti, Denmark menunggu pemenang antara Belanda melawan Republik Ceko yang akan berlangsung pada malam nanti dan akan disiarkan oleh TV nasional pada pukul 23.00.

Mampukah Denmark membuat kejutan lagi?

Bacaan: satu

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN