Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Orang Teknik yang jatuh cinta dengan sastra adalah saya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Insentif Pajak Nol Persen, Bagaimana Cara Bijak Membeli Mobil Baru Maupun Seken?

3 Maret 2021   15:03 Diperbarui: 4 Maret 2021   11:25 1172 69 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Insentif Pajak Nol Persen, Bagaimana Cara Bijak Membeli Mobil Baru Maupun Seken?
Showroom mobil seken. Sumber gambar: kompas.com

Diskon pajak telah dimulai. Per 1 Maret ini pajak PPnBM dihilangkan sementara hingga 3 bulan ke depan. Dengan demikian, harga mobil akan turun belasan hingga puluhan juta rupiah tergantung dari besaran pajak PPnBM tiap kendaraan. 

Bu Menteri Keuangan Sri Mulyani secara terang-terangan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan momen ini. 

Besaran pajak memang bervariasi. Contoh saja, untuk mobil sejuta umat seperti Avanza dan Xenia PPnBM yang dikenakan sebesar 10 persen. 

Jadi perhitungan kasarnya, misalkan mobil dengan harga 200 juta, dengan adanya diskon pajak, harganya turun sebesar 20 juta menjadi 180 juta. Hmmm... Lumayan bukan? Diskonnya bikin ngiler, apalagi kalau Anda masih dapat diskon tambahan dari dealer.

Lalu apakah dengan adanya diskon pajak ini membuat Anda masih bingung mau pilih mobil baru atau seken? Kalau mobil seken jelas tidak menerima keistimewaan diskon pajak. Tetapi antara mobil baru dengan seken dimungkinkan jurang harganya menipis. 

Nah, bagi yang masih bingung, artikel ini menyajikan kepada Anda beberapa pertimbangan dalam memilih antara mobil baru dan seken.

Mobil Baru

Keuntungan:

1. Pembelian secara kredit lebih mudah
Banyak leasing termasuk bank memberikan fasilitas kredit mobil baru. Jadi bila Anda tidak memiliki uang cash yang cukup, Anda bisa tetap memilih mobil impian secara kredit.

2. Biaya perawatan lebih murah
Saat ini untuk pembelian mobil baru biasanya disertai dengan garansi free service. Oleh karena itu Anda bisa menghemat biaya servis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN