Mohon tunggu...
Alfian
Alfian Mohon Tunggu... -

Sosiologi thismy choice

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hari Pertama Masuk SMA dengan Kurikulum 2013

22 Agustus 2014   02:28 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:55 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Nama : ALFIAN

Kelas : X IIS 3

Tugas : Sosiologi

Guru : Pak WAHYU

TEMA : HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH SMA DENGAN KURIKULUM 2013

Perkenalkan nama saya ALFIAN saya adalah murid baru SMA NEGERI 16 KOTA BEKASI sebelum saya masuk di SMA NEGERI 16 saya adalah murid dari SMP NEGERI 7 BEKASI .

Hari pertama saya di SMA NEGERI 16 sangat membingungkan, soalnya saya tidak mengenal siapapun di SMA NEGERI 16 ini walaupun ada beberapa teman saya dari SMP yang sama yaitu, MUHAMMAD FAISAL JULIANTO yang sekarang dia jurusan MIA 4, MICHAEL JOSUA HARTONO yang sekarang dia di jurusan IIS 2, ANGGA WISNU PRAYUDHO yang sekarang dia 1 kelas dengan saya di IIS 3, dan juga ada DINE KUMALA RATRI yang sekarang juga 1 kelas dengan saya di IIS 3, saya juga berkenalan dengan teman baru MILAD SASTRA BUNAYYA dari SMP NEGRI 15 BEKASI yang juga 1 kelas dengan saya di IIS 3, dan juga MAJID KAHROBAE dari SMP AR-RAHMAN yang sekarang dia kelas IIS 2.

Saya sangat senang bersekolah di SMA NEGRI 16 BEKASI soalnya saya bisa mendapat teman baru dan mata pelajaran yang juga baru seperti, SOSIOLOGI, GEOGRAFI, EKONOMI , FISIKA, dan KIMIA. Juga dengan kurikulum yang sudah diganti oleh menteri pendidikan M. NUH yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kuriulum yang dirancang untuk memperbaiki kurikulum 2006 atau KTSP.

Hari rabu tanggal 06-agustus-2014 saya berangkat ke sekolah saya SMA NEGERI 16. Saya berangkat dari rumah pukul 05.45 dan saya sampai di sekolah saya sekitar pukul 06.20. sekitar 35 menit saya berada di jalan. Sesampainya saya di SMA NEGERI 16 saya langsung masuk kedalam kelas saya di IIS 3. Setelah saya sampai di kelas saya langsung menaruh tas saya yang waktu itu tempat duduknya masih mengacak. Beberapa menit kemudia bel pun berbunyi. Guru Sosiologi pun masuk atau lebih dikenal dengan Pak Wahyu. Sebernanya saya itu tidak tertalu suka dengan pelajaran sosiologi itu jadi saya kurang memperhatikannya tetapi pak wahyu bilang bahwa siswa/i yang mendapat nilai merah di mata pelajaran sosiologi tidak akan naik kelas. Pak Wahyu pun mulai menerangkan apa itu sosiologi saya langsung memperhatikannya selama 2 jam pelajaran pak wahyu, saya terus memperhatikan dan pak wahyu pun memberi kami tugas:

-Sejarah Perkembangan Sosiologi

-Pengertian Sosiologi

-4 Prinsip Dasar Sosiologi

-Arti Masyarakat Menurut – AUGUSTE COMTE – IBNU KHALDUN

Pelajaran Pak Wahyu pun sudah habis pak wahyu pun mulai keluar dari kelas saya, saya berkata kepada teman sebangku saya (Milad ) ‘’Padahal lad, tadi itu pelajarannya lagi seru – serunya tuh tapi sayangnya pelajarannya sudah habis’’. Tiba – tiba pak wahyu masuk kembali ke kelas saya dia bilang kepada siswa/i masih ada 1 jam lagi pelajaran bapak. Teman saya pun bertanya kepada pak wahyu ‘’bukannya sudah habis pak pelajaran bapak’’, pak wahyu menjawab pertanyaan teman saya ‘’kan sudah di ganti menjadi kurikulum baru jadi pelajaran sosiologi 3 jam bukan 2 jam’’. Akhirnya saya bisa belajar lebih banyak lagi deh tentang sosiologi. Setelah pak wahyu masuk lagi ke dalam kelas saya dia langsung memberi siswa/i pertanyaan tentang ‘’ Apakah ada mawar sebelum ada kata mawar...??’’ pak wahyu bilang bahwa 1 angkatan sosiologi tidak ada yang bisa menjawabnya. Semua siswa/i langsung pada terdiam sejenak dan berfikir sejenak, lalu pak wahyu bilang ‘’ Mawar itu kata yang diciptakan oleh manusia padahal mawar itu hanya sebuah bunga merah yang wangi dan harum ‘’. Truss teman saya yang bernama zahra bertanya kepada pak wahyu ‘’ Langit warnanya biru, laut warnanya biru tapi pas diambil pake tangan warna airnya gak biru trus warna langit diliat dari atas gak biru. Jadi yang sebenarnya warnanya biru tuh apa...??’’. Pak wahyu menjawab ‘’ langit memang warnanya biru , laut juga warnanya biru, tapi air laut pas diambil pake tangan memang warnanya bukan biru, warna langit jika diliat di atas warnanya bukan biru, pak wahyu bilang kepada zahra ‘’ Itu tuh sebenarnya pertanyaan buat IPA bukan buat IPS jadi pak wahyu tidak bisa menjawabnya ‘’. Sehabis pertanyaan yang zahra berikan kepada pak wahyu, pak wahyu pun memberikan kami siswa/i tugas, kami disuruh membuat tugas menulis dengan tema ’’ hari pertama masuk sekolah dengan kurikulum 2013 ‘’. Siswa/i pun bertanya kepada pak wahyu ‘’ maksudnya gimana pak? ‘’ pak wahyu bilang maksudnya itu hari pertama masuk sekolah dengan jadwal yang benar dan juga dengan kurikulum 2013 ‘’. Bel pun berbunyi tanda pelajaran pak wahyu habis.

Sekarang adalah pelajaran prakarya dan kewirausahaan, dulu pelajarannya bukan prakaryatetapi Teknologi Informasi dan Komunikasi, karena sekarang memasuki kurikulum 2013 jadi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pun di ganti menjadi Prakarya dan Kewirausahaan. Pelajaran Prakarya pun masuk, saya kira gurunya laki – laki ternyata gurunya perempuan. Nama gurunya adalah bu era, bu era pun menyuruh siswa/i di kelas kami untuk mencari tahu ‘’ Apa yang kamu ketahui tentang prakarya , untuk tugas yang ini di kertas selembar ya siswa/i ‘’. Saya dan siswa/i lainnya mulai mencari tahu apa itu prakarya, bu era bilang ‘’ mencarinya boleh menggunakan internet atau google ‘’. Ternyata pas saya membuka google saya lupa untuk mempaketkan internet full service, teman sebangku saya pun mulai berpikir, ternyata dia menemukan apa itu prakarya??, dia mulai berbicara dengan saya untuk mendiskusikan materi tentang prakarya. Teman sebangku sayapun bilang bahwa prakarya adalah hasil sebiuah kreativitas yang memiliki nilai jual yang tinggi, saya pun agak mengubah kata – kata yang diusulkan oeh teman sebangku saya. Prakarya adalah hasil sebuah kreativitas manusia yang bagus dn dapat dijual. Bu era melihat hasil dari kami berdua dan menurut bu era punya kami bagus dan kata – katanya tidak ribet seperti alvin. Si alvin pun melihat hasil dari kami berdua yang sebelumnya hasil dia juga dilihat oleh bu era dan menurut bu era juga bagus tapi kata – katanya tidak ribet. Si alvin bilang kepada milad ‘’ wah lad lu ada benernya juga ya ‘’, si alvin pun mulai mencari di internet tentang prakarya, si alvin pun ditugaskan sama bu era disuruh membuat mobil – mobilan dari drigen karna sebelumnya alvin menunjukan sebuah karya dari botol drigen. Bel pun berbunyi, jam menunjukan pukul 10.15 saya dan milad mulai menuju kantin. Pada saat itu istirahat pertama dari jam 10.15 – 10.35. saya dan milad mulai membeli makanan dan minuman di kantin, setelah saya selesai membeli makanan dan minuman, saya dan milad segera mencari pak wahyu yang memberikan saya dan siswa/i lainnya tugas, setelah saya ketemu dengan pak wahyu saya langsung bertanya soalnya ada yang saya belum tahu, setelah saya bertemu dengan pak wahyu dan berbicara cukup lama, saya pun mulai mengerti dengan tugas yang pak wahyu berikan, saya dan milad pun kembali ke dalam kelas karena bel yang sudah berbunyi, ternyata kata teman saya pelajaran yang sekarang adalah pelajaran bahasa inggris, ternyata kata teman saya guru bahasa inggrisnya tidak masuk, saya pun dan siswa/i lainnya di suruh menulis biodata atau angket sama pak wahyu dan guru bp ‘’ saya belum tahu nama gurunya jadi saya hanya bilang guru bp ‘’, saya pun mulai mengisi biodata atau angket yang disuruh oleh pak wahyu dan guru bp, setelah selesai mengisi biodata langsung saya kumpulkan kepada ketua kelas yaitu angga. Setelah saya mengumpulkan biodata saya mengobrol dengan teman sebangku saya. tidak lama kemudian, guru bahasa inggris masuk dan menyuruh kami memperkenalkan diri masing – masing dan asal sekolah, tetapi setelah saya melihat teman saya adhitya wisra yang cara memperkenalkan dirinya itu agak unik dan lucu, saya pun mulai berani untuk memperkenalkan nama saya dan saat saya berada di depan, saya agak gugup untuk mengucapkan nama saya, saat saya memperkenalkan nama saya di depan kelas, si angga atau teman semasa SMP saya, si angga memanggil nama saya dengan nama panggilan kodok, saya pun mulai gugup dan saat saya sudah selesai teman saya si angga itu mulai memperkenalkan dirinya, saat ditanya nama panggilannya saya langsing bilang botak ‘’ karena dari kelas 7 di SMP NEGERI 7 BEKASI dia di panggil oleh teman – temannya botak padahal nama aslinya itu adalah angga wisnu prayudho ‘’.

Setelah semua selesai perkenalannya, guru bahasa inggrisnya pun mulai keluar dari kelas saya, setelah pelajaran bahasa inggris dan masuklah pelajaran sejarah, setelah ketua kelas memanggil guru sejarah, ternyata guru sejarahnya tidak ada, jadi saya mulai beramain dengan teman semasa SMP saya angga , ternyata angga sudah punya teman baru yang sebelumnya belum saya kenal seperti, jimi gunawan, noor ismail, zulfahmi, bimo dan juga alvin.

Setelah saya bermain cukup lama dengan angga saya juga sudah berkenalan dengan teman – teman barunya angga, saya pun kembali ke tempat duduk saya dan mulai berbicara dengan milad ‘’ yang sebelumnya pas saya bermain dengan angga si milad pun berkenalan dengan orang yang berada di belakang saya namanya adalah muhammad rafi atau bisa dipanggil rafi, dan syarif perdana atau bisa juga bisa di panggil dana. Saya pun di perkenalkan oleh milad ke rafi dan dana, dan tidak lama kemudian bel pulang berbunyi. Ketua kelas pun mulai menyiapkan siswa/iuntuk segera pulang.

Segera saya melihat ke arah jam yang menunjukan pukul 15.15,saya pun mengambil sepatu saya yang saya taruh di rak sepatu yang paling atas, karena di SMA NEGERI 16 sepatu tidak boleh dipake di dalam kelas.

Saya pun bergegas mengenakan jaket yang saya bawa dari rumah dan saya mulai memakai sepatu yang saya bawa dari kelas saya. Selah saya sampai di motor saya , saya mulai pulang dari sekolah saya sekitar pukul 15.20, dan saya sampai di rumah saya sekitar jam 15.55. dari sekolah saya menuju rumah saya jaraknya kira – kira 8 km yang dapat ditempuh dengan waktu 20 -30 menit. Setibanya saya dirumah, saya langsung salim kepada ibu saya yang sedang menjaga adik saya yang bernama gendis.

Menurut pendapat saya (ALFIAN) tentang kurikulum 2013 adalah kurikulum yang lebih bagus / baik daripada kurikulum 2006 karena di kurikulum 2006 tidak ada yang namanya penilaian tengtang K1, K2, K3, dan K4. K1 adalah penilaian tentang ketakwaan kepada tuhan YME, K2 adalah penilaian tentang kesopanan, K3 adalah penilaian tentang kepintaran / IQ. Dan juga K4.

Kurikulum 2013 ini lebih baik dari kurikulum sebelumnya karena lebih mementingkan moral dan ketakwaan dari pada kecerdasan atau pun kepintaran walaupun jam pelajaran yang biasanya hanya 2 jam sekarang menjadi 3 jam, trus juga yang tadinya hari sabtu libur sekarang hari sabtu wajib masuk untuk mengikuti pelajaran pramuka dan liburnya hanya 1 hari yaitu pada hari minggu aja.

Terima kasih untuk bapak M. NUH selaku kemidknas yang telah membuat kurikulum 2013 yang mewajibkan belajar efektif 6 hari dalam 1 minggu dan prinsipnya yang setiap pertemuannya harus diberikan tugas.

#pelajar


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun