Mohon tunggu...
Alfarisma Melandika
Alfarisma Melandika Mohon Tunggu... Lainnya - Pecinta kopi, coklat, hujan, dan senja

Terus belajar dan tidak berhenti belajar karena hidup tidak pernah berhenti mengajarkan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah

16 November 2022   20:36 Diperbarui: 16 November 2022   21:21 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rupiah merupakan mata uang resmi Negara Republik Indonesia. Rupiah memiliki banyak fungsi dan juga sangat penting kedudukannya dalam perekonomian Indonesia. Oleh karena itu kita harus Cinta, Bangga, dan Paham akan adanya rupiah di negara kita.

Akhir-akhir ini Bank Indonesia mengajak masyarakat Indonesia termasuk salah satunya warga SMP Negeri 9 Tarakan untuk mengikuti sosialisasi dan kampanye Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP). Sosialisasi dan kampanye yang dilakukan Bank Indonesia secara online melalui webinar tersebut diikuti oleh 27 peserta didik SMP Negeri 9 Tarakan. Selain memberikan edukasi mengenai rupiah, Bank Indonesia juga memberikan quis dan doorprize bagi peserta didik yang berhasil menjawab quis dengan benar.

Kampanye yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ini merupakan upaya memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya peserta didik mengenai rupiah itu sendiri, dimana Cinta Rupiah ditunjukkan dengan mengenali, merawat, dan menjaga rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI. Tujuan kegiatan tersebut adalah agar masyarakat Indonesia khususnya peserta didik lebih mencintai mata uang rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan sebagai kedaulatan bangsa.

Cinta Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain rupiah, memperlakukan rupiah secara tepat, menjaga dirinya dari kejahatan uang palsu. Tiga Cinta dengan: Mengenali, Merawat, Menjaga. Jadi, Cinta Rupiah berarti mengenal, merawat, dan menjaga rupiah. Cinta Rupiah bisa kita lakukan dengan cara menjaga dan merawat uang rupiah serta tidak merusak uang rupiah dengan sengaja seperti melipat, mencoret, membasahi, meremas, atau bahkan dengan sengaja merobek uang.

Bangga Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat memahami rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan alat pemersatu bangsa. Tiga Bangga sebagai : Simbol Kedaulatan, Pembayaran yang Sah, Pemersatu Bangsa. Jadi, Bangga Rupiah berarti simbol kedaulatan, pembayaran yang sah, dan pemersatu bangsa. Bangga Rupiah dapat kita lakukan dengan cara selalu menggunakan uang rupiah sebagai alat pembayaran dan juga transaksi yang sah. Dengan kita selalu menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran dan transaksi, berarti kita telah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar rupiah.

Paham Rupiah merupakan perwujudan kemampuan masyarakat memahami peran rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi, dan fungsinya sebagai alat penyimpan nilai kemampuan. Tiga Paham dalam : Bertransaksi, Berbelanja, Berhemat. Jadi, Paham Rupiah berarti bertransaksi, berbelanja, dan berhemat. Paham Rupiah dapat kita lakukan dengan cara mengetahui dan memahami rupiah sebagai nilai tukar dan cara menggunakannya.

Dok. Fadli
Dok. Fadli
Dengan menerapkan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah berarti kita telah ikut membantu menjaga kedaulatan Indonesia. Oleh karena itu, marilah  sama-sama menyadari betapa pentingnya rupiah di negara kita dengan cara menjaga dan merawat rupiah dengan metode 5J:

1. Jangan Dilipat
2. Jangan Dicoret
3. Jangan Distapler
4. Jangan Diremas
5. Jangan Dibasahi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun