Mohon tunggu...
Alfain Aknaf Rifaldo
Alfain Aknaf Rifaldo Mohon Tunggu... Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta_20107030030

Hanya mas mas biasa yang tidak kuat mengonsumsi kopi tanpa air Instagram : @aaknafr

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Channa, Si Cantik yang Galak

17 April 2021   10:04 Diperbarui: 17 April 2021   10:07 446 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Channa, Si Cantik yang Galak
Sumber : dokpri

Sebagai manusia, kita tentunya memiliki segudang kesibukan dan tanggung jawab. Apalagi, manusia memang diamanahi oleh Yang Maha Kuasa sebagai khalifah di bumi, di planet kita tercinta ini. Sebagian besar tanggung jawab tersebut sangatlah menguras tenaga, seperti urusan pekerjaan, urusan kesehatan lingkungan, kesehatan diri sendiri dan lainnya.

Namun, selain kesibukan yang amat melelahkan tersebut, rupanya manusia perlu melakukan kegiatan yang sifatnya rekreatif, artinya kegiatan tersebut tidak terlalu melelahkan dan malah menjadi suatu hiburan tersendiri bagi yang menjalaninya.

Sehingga nantinya kita akan menjadi kembali bersemangat dalam menjalani runtutan kesibukan yang amat melelahkan tadi. Kegiatan itulah yang kita sebut sebagai hobi.

Ada banyak sekali hobi yang bisa kita jalani untuk sekedar melepas penat. Apalagi di jaman modern seperti sekarang, makin banyak hobi bermunculan yang mungkin terlihat aneh bagi generasi sebelumnya.

Contoh yang menurut saya paling kentara adalah hobi mengoleksi mainan dengan harga jutaan rupiah. Tentu hal tersebut dipandang aneh dan tak lazim bagi sebagian orang. Namun, bagi yang lain hal tersebut merupakan hobi yang sangat nikmat jika dijalani.

Salah satu hobi yang bisa anda coba untuk menghilangkan penat adalah hobi memelihara hewan. Tentu ada banyak sekali hewan yang bisa dipelihara, dari mulai jenis reptile, mamalia, burung dan lainnya. Namun yang akan saya bahas kali ini adalah hobi memelihara ikan. Lebih spesifiknya lagi, ikan predator namun cantik, channa.

Ikan channa sendiri masih satu kerabat dengan ikan gabus yang biasa kita konsumsi. Bedanya dengan ikan gabus yang biasa kita konsumsi tentu saja kecantikannya. Namun selain hal tersebut, masih ada lagi hal-hal yang membedakannya dengan ikan gabus konsumsi, seperti misalnya cara perawatan dan 'didikannya'.

"Memelihara channa sih gampang, yang susah itu telatennya" jelas Fauzan (23), seorang owner ikan channa.

Lebih lanjut, Fauzan menjelaskan, dibilang mudah karena memang dari segi pemberian pakan saja tidak harus setiap hari. Ada kalanya ikan tersebut harus dipuasakan agar mencapai hasil yang diinginkan oleh owner. Hal tersebut membuat pemeliharaan ikan channa relatif murah.

Bagian sulitnya adalah kita sebagai owner harus benar-benar telaten untuk menghasilkan ikan channa yang kita inginkan. Hasil tersebut misalnya adalah warna sisik, lebat tidaknya sirip, ukuran tubuh dan lainnya. Ada banyak cara untuk mencapai hal tersebut, misalnya dengan cara mengatur pola dan menu makan ikan tersebut.

Beberapa jenis makanan memang memiliki fungsi dan pengaruhnya sendiri. Ada yang berfungsi untuk mempercepat mutasi warna, ada yang sekedar menjadi pakan wajib dan lain sebagainya. Ada juga suplemen khusus ikan yang memang ditujukan untuk tujuan tertentu, seperti suplemen yang khusus menonjolkan warna merah pada ikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x