Mohon tunggu...
Alexander Daiva
Alexander Daiva Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

🏍️ Motorcycle Enthusiasts 🎬 Director wannabe

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kurang Apresiasi? Mungkin Video Kalian Kurang Ini!

6 Maret 2023   21:20 Diperbarui: 6 Maret 2023   21:41 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di masa yang serba digital ini, video menjadi salah satu media yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan multimedia. Dulu video hanya sedikit yang bisa mengakses maupun membuatnya dikarenakan ketersediaan alat yang masih terbatas dan juga harga peralatan video yang tidak dapat dikatakan murah.Β 

Namun, seiring berkembangnya zaman, pembuatan video kini semakin mudah dengan adanya berbagai alat penunjang yang semakin terjangkau, bahkan dengan hanya bermodalkan telepon genggam pun saat ini sudah bisa menjadi seorang konten creator di berbagai platform media di Internet seperti YouTube yang berbasis konten berupa video panjang maupun video pendek.

YouTube merupakan salah satu platform media sosial berbasis video yang sudah terkenal dan besar. Platform tersebut terdapat berbagai jenis konten berupa video yang dapat diakses dengan mudah dengan cukup bermodalkan internet.Β 

Video -- video yang diunggah di platform tersebut tentu memiliki pamornya sendiri -- sendiri dengan berbagai alasan tetapi video yang memiliki pamor tinggi dengan baik salah satu kriterianya adalah memiliki video yang bagus.Β 

Jika kalian sudah membuat sebuah video yang dirasa cukup bagus namun minim apresiasi dari audience, mungkin dapat dipastikan bahwa video kalian kurang menarik dimata audience sebagai penikmat video yang telah kalian buat dan kalian unggah tersebut.

Memilih Kamera Yang Tepat

Tanpa kamera, tentu sebuah video tidak akan bisa terwujud. Tiap konten perlu dipikirkan kamera apa yang ingin digunakan dan kamera apa yang cocok digunakan untuk situasi video tersebut. Dikutip dari buku "YouTube Channels for Dummies" ada beberapa kamera yang dapat dipilih untuk menunjang kebutuhan konten.

  • Camcorder atau Handycam
    • Pada awal tahun 2000an, handycam cukup terkenal dan sering digunakan untuk pembuatan konten video. Bentuknya yang compact dan simple, handycam merupakan kamera praktis yang bisa digunakan untuk merekam dalam kondisi apapun dan dimanapun.
  • DSLR
    • Jenis kamera yang digunakan mulai dari orang -- orang awam hingga professional ini merupakan "standard" kamera untuk merekam sebuah video dengan kualitas yang bagus.
  • GoPro
    • Tidak semua angle video bisa direkam menggunakan dua kamera diatas, disitulah Actioncam berperan. GoPro, salah satu brand actioncam yang cukup mendunia ini dapat merekam video dengan angle-angle yang ekstrim.
  • SmartPhone
    • Smartphone masa kini sudah memiliki kamera dengan resolusi yang bagus, oleh karena itu smartphone saat ini sudah menjadi salah satu opsi kamera yang digunakan untuk membuat konten
  • WebCam
    • Sering digunakan untuk konten creator yang menggunakan computer sebagai video utama seperti contohnya streamer.

Keindahan Visual

Video selalu berkaitan dengan keindahan atau estetika visual. Oleh karena itu, hal ini menjadi kunci keberhasilan sebuah konten video. Dengan visual yang dapat memanjakan mata, tentu audience yang menonton dan mengapresiasi juga akan semakin banyak karena keindahan dari visual yang telah diberikan oleh pembuat video.Β 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi menunjang keindahan visual sebuah video. Buku "YouTube Channels for Dummies" merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut.

  • Penerangan yang bagus
    • Lighting yang bagus adalah salah satu kunci untuk membuat visual yang bagus. Oleh karena itu, sebagus apa pun kualitas kamera kalian, jika tidak mendapatkan penerangan yang bagus, hasilnya akan tidak maksimal.
  • Audio yang jelas
    • Selain gambar, audio menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan pada video. Audio dapat membantu membangun atmosfer juga memperjelas video.
  • Kamera yang stabil
    • Stabilitas kamera perlu diperhatikan, karena jika video mengalami goyang yang berlebih akan membuat penonton Β kurang nyaman dalam melihat videonya.
  • Struktur video yang rapih
    • Penataan alur video yang rapih perlu diperhatikan untuk membuat video yang runtut dan nyaman untuk diikuti alurnya.

Itulah beberapa tips yang dapat diikuti untuk membuat konten video yang lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun