Mohon tunggu...
Edukasi Artikel Utama

Media ICT dan Penyalahgunaannya

12 Mei 2015   23:23 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:06 29 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media ICT dan Penyalahgunaannya
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Perangkat ICT atau Information Comunication Technology sudah berkembang demikian cepatnya. Ditandai dengan munculnya atau keluarnya produk-produk teknologi yang menawarkan fitur-fitur terbaru dan kemudahan-kemudahan dalam penggunaannya.

Demikian dengan media komunikasinya saat ini sudah mulai menggunakan teknologi 4G LTE. Perkembangan-perkembangan tersebut membawa sisi positif dan sisi negatif.

Berbicara sisi positif banyak manfaat yang kita dapatkan dari perkembangan tersebut, dimana dalam hal pengiriman dan penerimaan data tidak lagi mengalami kesulitan yang berarti. Kita dengan mudah berkomunikasi dan mencari informasi dengan menggunakan ICT tersebut, berkirim e-mail dan juga menggunakan sosial media dengan mudah.

Berbicara sisi negatif dari penggunaan media ICT ini, banyak oknum-oknum menggunakan media ICT untuk tujuan tertentu yang bersifat kriminalitas atau istilahnya Cyber Crime. Tindakan Cyber Crime memiliki banyak modus antara lain:

1. Pembajakan.

Pembajakan biasanya dilakukan dengan menggunakan sejenis virus Spyware untuk melacak informasi yang ada pada system komputer seseorang dengan menyisipkan suatu iklan yang muncul secara tiba-tiba pada webbrowser dan apabila salah klik maka Spyware otomatis akan mengambil informasi pada System komputer kita. Tindakan ini sering dilakukan oleh hacker-hacker amatir dan profesional.

2. Penipuan.

Penipuan bisanya dilakukan dengan mengiklankan produk-produk terbaru dengan harga yang cukup murah. Ketika calon pembeli mengklik sang iklan dan tertarik dengan produk tersebut maka akan terjadi transaksi, dimana calon pembeli akan terlebih dahulu mentransferkan uang dan ongkos kirim baru barang dikirim. Tak jarang ini memberi kesempatan penipuan dengan menggunakan ICT. Setelah Uang dan ongkos kirim di transfer oleh pembeli makan barang tidak pernah sampai dikirim oleh penjual kepada pembeli.

3. Money Loundry.

Money Loundry dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer hasil transaksi yang tidak jelas ke rekening-rekening bank yang dianggap aman dengan menggunakan media ICT e-banking.

4. Traficking/prostitusi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan