Mohon tunggu...
ALEXANDER GIOVANI
ALEXANDER GIOVANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa yang gemar menulis dan cinta Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

11 Desember 2022   17:39 Diperbarui: 11 Desember 2022   17:40 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi hominisasi merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplor dan mengembangkan kemampuan diri, seperti kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi dan lain- lain. Biasanya pada Geladi hominisasi mahasiswa diberikan beberapa tugas baik sebelum maupun sesudah mengikuti geladi. Tugas yang diberikan sebelum mengikuti geladi disebut tugas pra-geladi, pada tugas pra- geladi kami diminta untuk menganalisis lagu Indonesia Raya 3 stanza dan salah satu film dokumenter yang telah disiapkan oleh pihak atau panitia geladi. kemudian setelah mengumpulkan tugas pra- geladi kami akan mendapatkan kelompok untuk berdiskusi dan berpresentasi didepan para dosen yang membimbing geladi Hominisasi, saat geladi saya mendapatkan kelompok yang sangat kompak dan pro aktif saat berdiskusi sehingga kami mendapatkan juara 2 dari 14 kelompok yang mengikuti geladi. Setelah geladi selesai mahasiswa diberikan tugas kembali untuk dijadikan sebagai penutup yang disebut tugas pasca geladi. Pada tugas pasca geladi kami diminta untuk membuat narasi mengenai kegiatan geladi yang telah kami ikuti, dan tugas inilah yang sedang saya lakukan sekarang yaitu membuat tugas pasca geladi di kompasiana.com. 

Geladi Hominisasi memberikan banyak manfaat bagi saya pribadi. Pada geladi ini kita dipaksa untuk bisa mengeluarkan soft skill yang kita miliki untuk mengembangkan diri di dalam masyarakat. Selama geladi saya belajar untuk lebih percaya diri untuk mengeluarkan pendapat yang saya miliki kepada kalayak umum terutama pada saat diskusi kelompok. Disini juga saya sadar bahwa pelajaran bahasa Indonesia dan Logika sangat dibutuhkan, dimana bisa kita lihat bahwa sedikit saja perbedaan pengertian dapat membuat orang- orang bingung atau bahkan berselisi paham mengenai suatu hal. dan mungkin dari pengalaman yang saya dapatkan selama geladi dapat membuat saya lebih berani dan percaya diri untuk berbicara di depan umum. Sekian narasi saya mengenai geladi hominisasi, maaf bila ada salah kata yang kurang berkenan, terima kasih.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun