Mohon tunggu...
Aldo Theodorus
Aldo Theodorus Mohon Tunggu... Penulis

Suka menulis untuk menambah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Digital

Apakah Ada Chatbot pada WhatsApp Business API?

21 April 2021   06:32 Diperbarui: 21 April 2021   06:41 29 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Ada Chatbot pada WhatsApp Business API?
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Chatbot merupakan salah satu fitur atau teknologi yang bisa membantu bisnis Anda dalam menjawab pertanyaan dari customer atau pun audience dengan cepat.

Fitur chatbot sendiri saat ini bisa dibilang sudah banyak digunakan diberbagai bisnis untuk membantu bisnis tersebut dalam berkomunikasi dengan customer atau audience.

Sebenarnya ada beberapa kelebihan dan juga keunggulan dari chatbot ini ketika digunakan oleh Anda dalam bisnis loh. Salah satu keunggulan tersebut adalah membantu bisnis Anda meningkatkan customer experience.

Hal ini karena chatbot bisa memiliki respon yang sangat cepat bahkan melebihan respon dari customer service agent yang muingkin terkadang sibuk melayani customer yang sedang menghubungi.

Lalu, pasti Anda akan bertanya sebenarnya apakah chatbot ini sudah bisa mengantikan customer service agent dan bisnis hanya cukup menggunakan chatbot saja?

Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa dibilang sangat mudah yah. Tentu saja jawabannya tidak. Anda tidak bisa hanya menggunakan chatbot pada bisnis Anda saat ini.

Hal ini karena Anda masih memerlukan peran customer service agent pada bisnis Anda untuk menjawab pertanyaan dari customer. Selain itu, tentunya customer atau audience akan lebih senang jika pertanyaan mereka dijawab oleh customer service agent.

Saat ini sendiri chatbot sebenarnya dapat Anda padukan penggunaannya secara bersamaan dengan customer service agent. Anda bisa tetap menggunakan Chatbot dan customer service agent secara bersamaan.

Perpaduan ini sebenarnya bisa Anda temukan di platform WhatsApp Business API dimana chatbot akan membantu Anda membalas pesan customer dengan cepat terlebih dahulu sambil menunggu respon dari customer service agent yang akan membantu Anda.

Memang tak bisa dimungkiri, perkembangan jaman membuat teknologi seperti chatbot juga sangat penting untuk digunakan oleh bisnis Anda saat ini loh.

Melalui WhatsApp Business API sebenarnya Anda bisa dengan mudah menggunakan chatbot dan juga menggunakan chat panel untuk mengabungkan chatbot dan chat panel yah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN