Mohon tunggu...
Arie Lesmana
Arie Lesmana Mohon Tunggu... Novelis - Saya hanya seorang pemuda yang hobi menulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang mahasiswa yang selalu meng-upgrade diri dan suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Menembus Jurnal Internasional dengan Mudah

9 Maret 2022   13:31 Diperbarui: 9 Maret 2022   13:33 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara Menembus Jurnal Penelitian Internasional

Apakah Anda saat ini kesulitan menembus jurnal ilmiah internasional? Anda bukan satu-satunya yang berjuang untuk mendapatkan jurnal. Melakukan penelitian sendiri saja sudah sulit, tidak dibebani dengan beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi.

Namun dibalik sulitnya menembus jurnal ilmiah internasional, tentu menawarkan tantangan tersendiri. Sulitnya untuk bisa masuk ke portal jurnal internasional juga memberikan semangat yang berbeda pada setiap dosen.

Dosen menulis jurnal penelitian adalah hal yang lumrah. Karena ini juga salah satu tugas yang harus dilakukan. Sebagai bagian dari tugas tugas dosen, ternyata banyak juga dosen yang mampu menyusup ke jurnal-jurnal ternama internasional. Tentu saja, pengaruh jurnal juga diakui melalui kredibilitasnya sebagai peneliti dan dosen.

Mengambil kesempatan ini, saya akan mengulas, bagaimana Anda menyusup ke jurnal penelitian internasional? Menurut pengalaman beberapa dosen yang lulus, ternyata mereka juga berkoordinasi sebelum melakukan penelitian. Lantas, apa saja yang perlu dikoordinasikan dan dipersiapkan? ini komentarnya.

1. Melihat Peluang Pasar

Cara menyusup ke jurnal penelitian internasional, sebenarnya memiliki sisi yang sama dengan ilmu pemasaran. Yang mengatakan, perlu untuk mengetahui pangsa pasar. Padahal, dalam bidang penelitian jurnal, pangsa pasar yang dimaksud tidak sama dengan bidang pemasaran. Karena topik yang dibahas juga berbeda.

Jadi, Anda tidak hanya harus melakukan penelitian jurnal, tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan dari hasil jurnal tersebut. Setiap kali Anda melakukan penelitian jurnal, Anda harus memiliki tujuan. Sangat penting bagi peneliti untuk mengidentifikasi tujuan dan memahami kepentingan pembaca. Termasuk memahami apa yang disukai pembaca dari hasil penelitian jurnal.

Oleh karena itu, mengidentifikasi peluang pasar tidak hanya penting. Tetapi juga dapat membantu Anda menghemat waktu. Tanpa koordinasi peluang pasar, hasil kajian tersebut tentunya akan memakan waktu yang lama, karena mungkin saja pendataan dilakukan dua kali karena kurang persiapan dan kurang tepat sasaran.

Lalu, bagaimana kalau jurnal yang akan kita download untuk referensi harus berbayar? tenang saja, ada banyak cara download jurnal internasional gratis dengan doi yang bisa kamu lakukan kok. 

2. A good manuscript

Persiapan kedua untuk masuk ke jurnal penelitian internasional adalah menulis naskah. Anda dapat memulai dengan membuat skrip menu. Kemudahan yang diberikan saat membuat skrip menu untuk memudahkan memahami apa yang Anda coba tulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun