Vio Aldianita
Vio Aldianita Pelajar Mahasiswa

Aku orangnya suka menulis karena menulis aku bisa mengungkapkan pendapatku maupun perasaan juga kritik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Minimnya Kesadaran Sosial Generasi Z dan Alpha

8 November 2018   23:58 Diperbarui: 9 November 2018   11:06 541 0 0
Minimnya Kesadaran Sosial Generasi Z dan Alpha
evensi.us

Siapa sih yang enggak tau dengan generasi Z dan Alpha? Yaitu generasi yang lahir dari tahun 2000 hingga sekarang ini. Generasi ini sudah mengenal berbagai macam teknologi yang canggih baik komunikasi maupun teknologi yang lain. Namun dengan majunya teknologi justru bisa berdampak buruk bagi penggunanya yang berujung pada kasus-kasus cyberbullying seperti kekerasan dan penipuan. 

Tidak hanya itu, hal yang juga tidak kalah penting adalah pergeseran pola hidup yang lebih bersifat individualis dan apatis. Selain itu generasi ini sudah mengenal yang namanya media sosial. 

Tetapi pada generasi Z maupun Alpha kesadaran sosialnya dan moralnya melemah jauh dari generasi sebelumnya. Terkadang terkesan cuek pada apa yang terjadi disekitarnya. Kebanyakan terlalu fokus kepada gadget yang dipengangnya sehingga lingkungan disekitar dia terabaikan.

Oleh karena itu sebelum terlambat mari perbaiki kesadaran sosial pada generasi Z maupun generasi Alpha. Agar generasi Z maupun Alpha peka dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi terhadap lingkungan disekitarnya. 

Dengan meningkatkan mutu pendidikan sosial di sekolah dan terutama pendidikan sosial didalam keluarga itu yang sangat dibutuhkan oleh generasi Z dan Alpha. Karena keluarga adalah yang bisa mengerti bagaimana dan cara mendidiknya agar memiliki kesadaran sosial yang tinggi. 

Namun dalam mendidik hendaklah dengan yang baik dengan menjadikan keluarga sebagai tempat yang paling nyaman, tempat untuk berkeluh kesah, tempat pulang yang indah. 

Dengan begitu akan memudahkan dalam mendidik sehingga menumbuhkan kesadaran sosial sedikit demi sedikit. Selain itu kurangi penggunaan gadget ajaklah untuk sering-sering berkomunikasi berinteraksi dan bermain dengan permainan tradisional. 

Mengapa permainan tradisional? 

Karena permainan tersebut tidak menggunakan gadget untuk memainkannya sehingga saling interaksi antar pemain akan lebih sering dilakukan termasuk menumbuhkan rasa solidaritas, empati, dan kesadaran sosial yang baik. Ayo didik generasi Z dan Alpha untuk melek dalam kesadaran sosial. Merekalah masa depan kita semua penerus kita. Didiklah dengan baik penuh kasih sayang.