Mohon tunggu...
Aldentua S Ringo
Aldentua S Ringo Mohon Tunggu... Pengacara - Pembelajar Kehidupan

Penggiat baca tulis dan sosial. Penulis buku Pencerahan Tanpa Kegerahan

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Sandiaga Uno Menuju Pilpres 2024, di Bawah Bayang-Bayang Prabowo?

6 Juli 2022   18:00 Diperbarui: 8 Juli 2022   13:15 2403 18 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menparekraf Sandiaga Uno saat memimpin rapat virtual bersama seluruh Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia, Sabtu (26/12/2020). (dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif via kompas.com)

Sandiaga Salahuddin Uno menjadi salah satu nama yang masuk dalam radar Bacawapres dalam Pilpres 2024. Namanya cukup baik. Gayanya santun dan menarik. Memiliki harta tertinggi jumlahnya diantara menteri.

 Kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bisakah dia menjadi Bacawapres 2024? Apakah Prabowo dan Gerindra setuju? Atau dia hanya berada dalam bayang-bayang Prabowo?

Media mencoba mencari jawaban dari Sandiaga Uno tentang posisi dan peluangnya maju di Pilpres 2024. Sandiaga Uno merupakan kader Partai Gerindra. Jabatannya strategis. 

Wakil Ketua Dewan Pembina. Ketua Dewan Pembina dan Ketua umum Partai Gerindra adalah Prabowo. Satu-satunya partai yang menggabungkan jabatan Ketua Dewan Pembina dan Ketua umum partai. Unik dan sentralistik. Sisitem satu komando. Gaya militeristik.

Sandiaga Uno menjawab kepada media, bahwa dia diperintahkan Prabowo untuk konsentrasi mengurus pekerjaannya sebagai menteri. 

Apakah ini menjadi indikasi bahwa Sandiaga Uno jangan sibuk mempersiapkan diri ke Pilpres? Sebab ketentuan di Partai Gerindra, urusan Bacapres dan Bacawapres adalah kewenangan ketua Dewan Pembina dan Ketua umum. Siapa dia? Ya, Prabowo Subianto.

Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno adalah Paslon Pilpres 2019 yang berhadapan dengan Jokowi-Ma'ruf Amin. Mereka kalah. 

Apakah mungkin pasangan ini maju dalam Pilpres 2024? Sulit dibayangkan. Bayangkanlah, dalam bayangan saja sudah sulit, apalagi mengubah bayangan menjadi kenyataan.

Berdasarkan hasil survey, jika Sandiaga Uno berpasangan dengan Ganjar dalam Paslon Ganjar-Sandi, mereka memiliki peluang besar dan nilai elektabilitasnya tertinggi dari pasangan lain. 

Ini berarti peluang Sandi berpasangan dengan Ganjar sangat memberikan peluang. Namun, apakah Sandi akan mendapat restu dari Prabowo?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan