Mohon tunggu...
Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Mohon Tunggu... Terus menginspirasi dan berbagi pengalaman

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Tips Sukses Ternak Entok 3 Bulan Panen dan Usia 4 Bulan Bertelur

3 September 2020   13:41 Diperbarui: 5 April 2021   22:09 11569 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Sukses Ternak Entok 3 Bulan Panen dan Usia 4 Bulan Bertelur
Sukses beternak entog, mentok, dan itik (SUmber gambar : dok. pribadi)

Tips supaya Entog Bisa di Panen Umur 3 bulan Dan Bisa Umur 4 bulan bisa Bertelur dan Mengerami

Bagaimana sih cara supaya Panen Entok , Mentok atau Itik lebih cepat dari biasanya?

Bagaimana sih cara supaya Entog, mentok, Itik bisa bertelur lebih cepat?

Bagaimana juga sih caranya supaya ternak mentok lebih ramah lingkungan?

Siapa sih yang tidak pernah merasakan nikmatnya pedesan entog? Baik di beli di rumah makan maupun untuk mayoran atau makan bareng-bareng yang dibuat sendiri.

Ya umumnya entog ini lebih disukai oleh orang karena dagingnya yang sangat nikmat dan dalam penelitian 3,7 ons pada daging entog terkandung kurang lebih 200 kalori. Dan ini jelas memenuhi kebutuhan kalori harian 10% lebih banyak dari pada daging ayam. Jelas sangat bagus buat menu untuk sarapan yang sehat.

3,7 ons daging entog atau mentok ini juga mengandung 13 gram lemak total , 4 gram lemak jenuh dan 125 mg kolestrol. Jadi daging mentok dapat memenuhi kebutuhan 21% kebutuhan lemak total harian, 24% kebutuhan lemak jenuh harian dan 42% kebutuhan kolestrol. Jadi untuk yang memiliki kolestrol daging mentok tidak baik.

  • Menyeimbangkan hormon
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mencegah Anemia
  • Meningkatkan Stamina
  • Mengobati Otot yang rusak
  • Membantu Diet
  • Meningkatkan Berat Badan

Nah itulah manfaat daging mentok untuk kesehatan kita, nah sekarang bagaimana sih supaya mentok yang kita ternak itu cepat besar, cepat bertelur dan juga lebih ramah lingkungan, karena bukan rahasia lagi kalau mentok adalah unggas yang kotorannya bau dan juga banyak.

Ya dahulu mungkin mentok tidak begitu diminati karena salah satunya adalah baunya ini. Nah mensiasati untuk mengurangi bau kotoran dari mentok adalah dengan memberikan atau menaburkan dedak kasar ke lantai ternak mentok kita.

mentok cepat besar ini mentok usia 1 dan 2 bulan (Sumber gambar: dok. pribadi)
mentok cepat besar ini mentok usia 1 dan 2 bulan (Sumber gambar: dok. pribadi)
Bagaimana apakah Anda punya tips yang lain? Pasti ada banyak cara diluar sana ya.Ya bagaimana pun dalam usaha ternak yang utama adalah bibitnya yang bagus kemudia setelah pemilihan bibit yang unggul, selanjutnya adalah tentunya adalah tempatnya yang cukup jangan sampai kesempitan dan aman dari predator seperti ular sawah, tikus wirog atau kucing garong. Jangan sampai anakan mentok yang kita ternak itu menjadi santapan para predator ini.

Mentok cepat bertelur (Sumber gambar: dok. pribadi)
Mentok cepat bertelur (Sumber gambar: dok. pribadi)
Dan yang paling utama adalah juga adalah pakannya yang cukup dan bernutrisi, dan ditambah menggunakan suplemen organik cair seperti SOC Biojen atau yang lain, karena kebetulan saya menggunakan Suplemen Organik Cair Biojen maka saya hanya menceritakan SOC ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN