Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Karyawan

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Budidaya Lele di Lahan Sempit dan Air Tidak Berbau

11 Maret 2018   00:00 Diperbarui: 11 Maret 2018   00:13 456 0 0
Budidaya Lele di Lahan Sempit dan Air Tidak Berbau
Budidaya Lele Di Lahan Sempit dan Air Tidak Berbau (dokpri)



Ikan adalah fauna air yang disukai oleh anak-anak, dan juga sebagai sumber protein hewani yang tinggi.

Dari sekian ikan budidaya ,maka ikan lele adalah ikan yang paling mudah di budidayakan dan juga harganya juga terjangkau.

Daging ikan lele juga enak dan nikmat,dan harga daging ikan lele lebih mahal dari daging ayam negri atau ayam broiler. Dan siapa di antara kita yang tidak suka dengan olahan ikan lele? Dan mungkin Anda saat ini tersenyum dan merasa jijik dengan ikan berkumis ini. Karena ikan berkumis ini identik dari kita untuk kita,artinya dari kotoran manusia dan dimakan lele dan lele dimakan oleh kita. 

Dan juga bukan rahasia pembudidaya lele juga memberikan pakan tambahan berupa belatung juga  kotoran hewan. Dan ada yang lebih ekstrim lagi yaitu memberikan makan lele dengan tikus dan bangkai ayam yang terlebih dahulu di bakar.Tapi ini lah beberapa sebab yang membuat banyak orang berhenti dan tidak mau mencoba menu yang terbuat dari ikan lele ini.


dokpri
dokpri


Dan untuk itu, makanya kita coba melakukan budidaya lele sendiri,dengan lahan yang ada . Dan kita tidak perlu banyak-banyak dahulu dalam usaha budidaya lele ini,anggap saja sebagai hobi yang nantinya itu mendapatkan lele yang siap santap dan lebih terjamin kesehatannya. Nah bagaimana Anda tertarik ?

Oke kita lanjutakan untuk kolam lele ini. Kolam lele biasa ada yang terbuat dari semen,ada yang tanah dan ada juga yang terbuat dari terpal. Nah terserah kita mana yang lebih cocok dan lebih mudah kita lakukan. Kalau saya sendiri sih menggunakan terpal .

Dan untuk Probiotiknya saya memakai probiotik Biogan, karena Probiotik ini terbuat dari 100% organik murni yang aman dan ramah lingkungan dan juga tidak perlu mengganti air sampai panen. Dan tidak perlu ribed saat pembuatan green water ,atau menghijaukan air, cukup siapin air terus banjurin probiotik Biogan 1/2 atau 1 liter udah deh tunggu seminggu air hijau ,dan tinggal kasih ikan deh. Dijamin sudah ada makanan alami buat lele baik itu plakton-plakton dan juga uget-uget atau jentik-jentik nyamuk.

budiaya leledi lahan sempit sukses dan air tidak bau (dokpri)
budiaya leledi lahan sempit sukses dan air tidak bau (dokpri)


Probiotik biogan juga membuat air kolammenjadi tidak berbau,cara ini terbukti dengan cara sebulan sekali air di kasih probiotik biogan atau cukup pertama saja dan selanjutnya probiotik biogan dicampur air lalu diciprat-cipratkan ke pakan ,lalu keringkan atau angin-anginkan beberapa menit lalu kasih ke ikan lele.


Alkhamdulilah lele-lele lebih sehat dan juga lebih bongsor dan yang utama juga lele ini juga terjamin kesehatnnya saat kita makan nanti.Jadi kita tidak merasa was-was dan jijik lagi sebab kita tahu makanan lele yang kita konsumsi.

Awalnya ponakanku datang bersama Ayahnya memperbaiki mesin gilingan dibelakang,ponakanku penasaran dengan ikan lele di balong terpal di belakang rumah,lalu saya sarankan untuk mengambilnya langsung sendiri memakai seser dan airnya tentu saya kuras. Ponakaku dikiranya airnya berbau lalaus aya pun turun ke balong dan membuktikan kalau air kolam lele dengan teknologi probiotik biogan itu tidak berbau dan diapun akairnya ikutan jebur juga karena memang airnya itu memang hijau tapi tidak ada baunya. 

Air balong terpal ukuran 2,6 m X 1,6 m .Tidak seperti yang di bayangkan kalau air hijau kolam ini berbau dan kotor tapi ternyata air nya ini tidak berbau sekali dan kulit ikan-ikan juga tidak ada yang luka. Jadi jelas probiotik biogan sesuai dengan slogan raman dan karab lingkungan, jadi kolam lele tidak berbau amis ,dan ini juga yang tidak disukai oleh orang dan sempat dilarang penggunaan lahan tidur buat budidaya lele karena dianggapnya salah satu penyebab dilarangnya adalah mencemari udara,berbau amis dan anyir makanya dilarang tapi dengan penggunaan probiotik Biogan dan juga pakan yang benar maka balong lele tidak berbau menyengat dan bahkan airnya juga tidak berbau.  Jadi tidak ada alasan lagi penggunaan lahan tidur buat kolam lele dilarang karena dianggap mencemari udara.

(dokpri) budidaya lele lahan sempit sukses dan tidak berbau
(dokpri) budidaya lele lahan sempit sukses dan tidak berbau

Dan tentunya juga ikan-ikan lele juga gemuk-gemuk dan sehat serta menyehatkan yang memakannya karena probiotik biogan terbuat dari 100% organik murni .Dan bila airnya ini digunakan untuk menyiram bunga-bunga serta tanaman pot atau tanaman buah sekitar rumah juga sudah mengandung pupuk . Jadi jangan tunggu lagi menggunakan probiotik biogan dan membuat kolam kecil disekitar rumah,disamping menyalurkan hobi yang berguna juga mengisi waktu dengan halyang positif dan tentunya juga bisa memelihara tanaman hias dan tanaman buah dengan airdari balong lele ini.

lelelebih berat dan sehat (dokpri)
lelelebih berat dan sehat (dokpri)


Dan yang menyenangkan juga adalah menikmati lele hasil budidaya sendiri yang jelas lebih sehat dan tahu betul makannya.Jadi terjamin kesehatnnya dan juga tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya dan ikannya juga lebih gendut seperti kodok.


Makanya pernah pembudidaya lele terkaget-kaget karena ikan-ikan lelenya yang ukuran 3-4 cm itu jadi bentet-bentet seperti kecebong ,dan yang ukuran konsumsinya itu lebih gendut dan berbobot tapi lebih sehat. Ayo kapan mau mencoba sendiri probiotik Biogan? Hasil karya anak bangsa dan terbuat dari bahan-bahan organik terpilih.