Mohon tunggu...
Albertus Sindoro
Albertus Sindoro Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswa Komunikasi Media Massa dan Digital Atma Jogja

Selanjutnya

Tutup

Media

Tips Menyebarkan Tulisan di Media Sosial

6 Mei 2020   09:54 Diperbarui: 6 Mei 2020   13:01 33 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menyebarkan Tulisan di Media Sosial
Ilustrasi media online. (sumber: google.com)

Kita sering menjumpai media online yang memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi. Dalam memanfaatkan media sosial, perlu ada strategi yang dipakai agar informasi tersebut dapat dijangkau khalayak. Bagaimana strateginya? Berikut pembahasannya.

Media sosial merupakan fenomena dalam dunia teknologi komunikasi yang membantu manusia dalam menerima dan menyebarkan informasi dengan cepat. Sifat yang cepat dan jangkauan luas dimanfaatkan oleh media massa online sebagai strategi untuk menyebarkan produk tulisan yang telah dibuat. 

Oleh media massa, peran media sosial dapat disejajarkan dengan suratkabar atau majalah karena sama-sama berfungsi untuk menyebarkan informasi kepada khalayak.

Namun, dalam penggunaannya, terdapat perbedaan antara media cetak dengan media sosial. Penyebaran berita melalui media sosial perlu dilakukan dengan strategi sebagai cara agar informasi dapat diserap oleh khalayak di tengah dunia maya. 

Seperti kita ketahui, media sosial memungkinkan siapa saja untuk menyebarkan informasi kepada khalayak. Informasi tersebut beragam, baik uang berisi hal-hal penting bahkan hingga hal yang bersifat 'receh' bagi netizen.

Untuk menyikapi jumlah informasi yang cukup besar, perlu ada strategi agar sebuah informasi mendapatkan 'perhatian' dan menjadi konten yang layak untuk dikonsumsi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai bagian dari strategi untuk menyebarkan informasi di media sosial.

1. Mengetahui Key Performance Indicator

Menentukan media sosial apa yang ingin digunakan untuk menyebarkan berita berdasarkan akun media sosial mana yang paling mendapat banyak kunjungan. Contoh dari hal ini misalkan sebuah media online yang memilih Twitter sebagai alat untuk menyebarkan link informasi karena berdasarkan riset yang dilakukan, khalayak lebih sering mendapat informasi dalam bentuk berita melalui Twitter.

2. Mengetahui siapa saja yang mengkonsumsi informasi yang kita hasilkan

Untuk mengetahui siapa saja yang mengakses informasi milik kita, dapat dilakukan pemetaan berdasarkan latarbelakang, baik pendidikan, status ekonomi, tempat tinggal dan usia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x