Mohon tunggu...
Hosea
Hosea Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa Akuntansi | Peniqmat Sepakbola | Disela Semester

Hidup bisa memberi segala, bagi semua yang mau mencari tau dan pandai menerima - Bumi Manusia

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

"Trivela Kick" dalam Sepakbola

5 Juli 2021   06:00 Diperbarui: 5 Juli 2021   06:10 289 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Trivela Kick" dalam Sepakbola
Menguak Trivela Kick (bg: the18.com)

Menjadi hal yang biasa bagi kita para penikmat sepakbola disuguhkan keindahan oleh olahraga nomor satu di dunia ini. Mengenai apa saja keindahan tersebut akan sangat panjang bila dijabarkan, yang pasti salah satunya adalah skill atau trik-trik fantastis dari para pemain yang sangat beragam. Mulai dari elastico, rabona, hingga panenka, namun terdapat salah satu trik menendang dengan cara unik yang bila diperlihatkan akan membuat kita cukup takjub, yaitu Trivela.

Teknik tendangan Trivela ini adalah cara menendang bola dengan kaki bagian luar yang dapat menghasilkan arah bola melengkung pada target yang dituju, entah itu ke gawang ataupun memberi umpan. Trivela memang terlihat cukup, apalagi kerap teknik ini dilakukan karena alasan posisi menendang ada pada kaki yang terlemah dari sang pemain. 

Namun, Trivela ini seakan menjadi jawaban efektif atas masalah kaki terlemah tadi. Alasannya, kekuatan yang ditimbulkan akan lebih kencang ketimbang dipaksa menggunakan kaki bagian dalam dan penentuan arah bola akan menjadi lebih efektif dan tidak mudah ditebak.

Walaupun acapkali teknik ini dilakukan untuk melakukan percobaan langsung ke arah gawang, tidak jarang juga beberapa pemain melakukannya untuk mengirimkan umpan melengkung ke depan gawang lawan, seperti yang baru saja dilakukan oleh Joakim Maehle saat memberi assist kepada Forsberg di ajang Euro 2020 kontra Republik Ceko sabtu malam. 

Pada saat hendak melakukan teknik ini, yang menjadi pertimbangan paling utama adalah posisi dan situasi yang memang bebas dari pressing ketat man-to-man lawan. Bila dipaksakan teknik tendangan ini akan hanya sia-sia.

Bicara mengenai teknik ini tentu kita akan sangat mengingat pemain asal Portugal dan klub Vitoria S.C., Ricardo Andrade Quaresma. Memang tidak jelas siapa yang menciptakan teknik ini awalnya, tetapi hanya Quaresma yang bisa dibilang paling berhasil mempopulerkan teknik Trivela iniIa pertama kali menampilkan teknik ini adalah pada golnya di tahun 2005 kala masih berseragam F.C. Porto. 

Hingga pada akhirnya di ajang Piala Dunia 2018 kala Portugal bersua Iran, Quaresma berhasil mencetak gol indah dengan teknik ini yang semakin menaikkan pamor Trivela di sepakbola. Walau sebelum dirinya, teknik ini sempat populer juga kala gol legendaris Roberto Carlos ke gawang Prancis pada tahun 1997 di ajang Tuornoi de France.


Selain mempertimbangkan situasi kondisi yang sudah dijelaskan tadi, teknik ini hanya akan lebih efektif apabila pemain yang melakukannya ada pada posisi sayap atau fullback/wingback.

Apabila pemain berposisi sebagai attacking midfielder memang tetap saja teknik ini akan bisa digunakan, hanya posisinya tidak terlalu menguntungkan karena banyak beroperasi di tengah sehingga posisi kiper lawan tidak menguntungkan.

Terdapat juga beberapa pemain yang pernah memeragakan teknik Trivela ini yaitu diantaranya Tomas Rosicky, Gareth Bale, Roberto Carlos, Kevin de Bruyne, hingga Franz Beckenbauer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x