Albait Arasyid
Albait Arasyid

Hallo Namaku Al Bait, suka menulis dan menjelajah internet. Masih kuliah di akademi swasta jakarta jurusan teknologi informasi. Memiliki keinginan besar untuk maju dan berkembang. Aku juga sebagai seorang SEO Staff di salah satu perusahaan Agency dan pemilik dari sebuah website http://albait.id

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Software ERP untuk Perusahaan di Indonesia Berkembang

24 Agustus 2018   13:45 Diperbarui: 30 Agustus 2018   11:33 481 0 0
Software ERP untuk Perusahaan di Indonesia Berkembang
Software ERP Indonesia

Software ERP(Enterprise Resource Planning) adalah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan selain itu Software ERP juga menjadi alat kontrol bagi para pemegang keputusan agar semua kebijakan tidak disalah gunakan . Enterprise Resource Planing terdiri dari 3 elemen yakni Enterprise, Resource, dan Planning. Hal tersebut menekankan pada aspek perencanaan dan analisis sumber daya perusahaan seperti Finansial, Akuntansi, Sumber Daya Manusia dan Lainnya.

ERP(Enterprise Resource Planning) merupakan sistem yang bertujuan merangkum proses bisnis sehingga menjadi satu kolaborasi yang efisen dan efektif. Sistem tersebut didukung dengan teknologi informasi yang menghasilkan informasi agar perusahaan menjadi lebih kompetitif. Didalam software ERP juga ada beberapa proses bisnis yang fungsinya dioptimalkan yaitu SCM( Supply Chain Managenment) meliputi Purchasing, Sales, Marketing, dan lainnya.

Juga ada Cost Control yang melibatkan inventory, purchasing, dan finance and accountting. Lalu Inventory turnover yang memgoptimalisasi barang di gudang sehingga barang selalu ada tapi barang tidak menggunung (inventory level). CRM(Customer Relationship Management) yang bertujuan memastikan hubungan perusahaan dengan customer dan distributor dapat terjalin dengan baik. Selain fungsi-fungsi tadi juga ada fungsi lain seperti produksi, HRD, bussines partner, dan masih banyak lainnya.

Software ERP bisa dijalankan dengan baik apabila didukung aplikasi dan infrastruktur yang baik sehingga software dapat berjalan dengan baik. karena software ERP pada saat mengelola data dapat mencapai trilyunan dan diakses oleh puluhan komputer dalam satu waktu.

Fitur ERP

ERP memiliki beberapa fitur yaitu :

  • Paket software yang didesain client-server baik desktop maupun web
  • Mengintegrasikan mayoritas proses bisnis yang ada
  • Memproses seluruh proses transaksi
  • Menggunakan database skala enterprise
  • Mengijinkan user mengakses data secara run-time

Cloud Computing

Cloud computing adalah gabungan dari teknologi komputer dalam jaringan yang berbasis internet Cloud yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi menggunkan komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tapi semua komputer tidak harus terkoneksi internet Cloud.

Teknologi ERP dan Cloud Computing apabila dipadukan akan sangat memudahkan user dalam menginput data. Software ERP yang mempunyai fitur cloud computing pada umumnya dapat diakses dengan web browser.

Demikian ulasan mengenai Software ERP, tentunya dengan Software ERP perusahaan Anda dapat lebih fokus lagi terhadap sasaran yang akan dicapai kedepannya. Sehingga dengan perusahaan Anda menerapkan Software ERP ini maka tentunya akan berdampak baik pada perkembangan perusahaan Anda.