Mohon tunggu...
Subhan Alba Bisyri
Subhan Alba Bisyri Mohon Tunggu... Dosen - DOSEN

FISIP

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran Penting Guru

24 November 2023   22:40 Diperbarui: 24 November 2023   23:27 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Subhan Guru. Dokpri

Peran Penting Guru

Oleh Subhan Alba Bisyri
Jum'at, 24 November 2023

Begitu vitalnya peran guru terhadap pembangunan bangsa, apakah bangsa bisa maju tanpa adanya Sumberdaya manusia yang baik? Tentu tidak, justru kemajuan bangsa dan negara yang akan datang ditentukan oleh peran Guru. Pertanyaannya, apakah kesejahteraan guru sudah di perhatikan? Fasilitas guru sudah ditingkatkan? Dukungan terhadap kebutuhan guru apakah sudah di lakukan?

 Hari Guru Nasional merupakan perayaan tahunan yang diadakan untuk menghormati dan mengapresiasi peran penting para guru dalam pendidikan. Di Indonesia, Hari Guru Nasional dirayakan pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Pada tahun 2023, perayaan ini akan menjadi momen yang berbeda dan istimewa karena akan menyambut peringatan ke-75 Hari Guru Nasional.Kita akan menjelajahi pentingnya Hari Guru Nasional dan dampak positif yang dihasilkan oleh guru dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Pertama: Sejarah Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional pertama kali dirayakan pada tahun 1945. Perayaan ini dimulai sebagai apresiasi terhadap Perhimpunan Guru Republik Indonesia (PGRI), organisasi yang berjuang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita. Pada saat itu, pendidikan adalah hal yang penting dalam membangun fondasi bangsa yang kuat. Menghormati dan menghargai peran guru dalam mendidik generasi muda adalah salah satu cara untuk memperkuat pendidikan di Indonesia.

Kedua: Peran Guru dalam Membentuk Karakter Bangsa. Guru memiliki peran yang krusial dalam membentuk karakter bangsa. Mereka tidak hanya bertugas sebagai pengajar, tetapi juga menjadi panutan dan mentor bagi para siswa. Guru memainkan peran penting dalam membentuk moralitas, etika, dan nilai-nilai yang baik pada generasi muda. Mereka berperan sebagai penyambung lidah peradaban, melestarikan budaya, dan mendorong perkembangan intelektual anak-anak Indonesia.

Guru juga berfungsi sebagai fasilitator belajar. Mereka menciptakan lingkungan yang positif dan stimulatif di kelas untuk menginspirasi siswa untuk belajar dan berkembang. Guru yang berdedikasi membantu siswa dalam menemukan minat mereka, mengembangkan potensi mereka, serta memberikan bimbingan yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka. Dengan begitu, guru menjadi garda terdepan dalam membantu mewujudkan cita-cita dan impian siswa.

Ketiga: Dampak Positif Guru dalam Pendidikan. Peran guru dalam pendidikan tidak bisa diragukan lagi. Guru yang baik dapat membawa perubahan positif dalam hidup para siswa mereka. Mereka not only memberikan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membangun rasa percaya diri, kecerdasan emosional, dan rasa tanggung jawab pada siswa-siswanya. Ketika siswa merasa didukung dan dihargai oleh guru mereka, mereka cenderung mencapai prestasi yang lebih baik.

Selain itu, guru yang berdedikasi dapat membantu mengurangi kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan perdesaan. Mereka bekerja dengan keras untuk memastikan bahwa setiap siswa, tanpa memandang latar belakang atau kondisi sosialnya, mendapat kesempatan yang sama dalam pendidikan. Dengan cara ini, guru membantu membangun masyarakat yang lebih inklusif dan adil.

Keempat: Perubahan dalam Pembelajaran akibat Pandemi COVID-19. Tidak dapat disangkal bahwa pandemi COVID-19 telah mengubah cara kita belajar dan mengajar. Guru di seluruh Indonesia telah menghadapi tantangan besar dalam menciptakan proses pembelajaran jarak jauh yang efektif. Mereka telah beradaptasi dengan cepat dengan teknologi untuk tetap terhubung dengan siswa dan memastikan kelangsungan pendidikan tidak terganggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun