Bapak Suyono
Bapak Suyono

cuma blogger aja, cuma suka nulis aja, cuma pengeng yang beda aja... :D

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Mari Mengenal Musik Drumband dan perbedaan Alat drumband Sd, TK

11 April 2015   21:28 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:14 1209 0 0

Ketika dalam sebuah pawai atau pertunjukan, ada satu pertunjukan yang seringkali menarik perhatian. Pertunjukan itu adalah drumband. Drumband atau yang dikenal juga sebagai marching band adalah sekelompok orang memainkan sebuah atau beberapa lagu dengan menggunakan berbagai macam jenis alat musik. Berbagai macam alat jenis musik tersebut dipadukan menjadi satu dan menjadi kesatuan yang menarik serta enak untuk didengar. Drumband pun seringkali memiliki formasi atau koreografi tersendiri yang akhirnya menjadi daya tarik tambahan bagi penampilan drumband tersebut. Drumband biasanya akan dipimpin oleh seseorang yang disebut sebagai mayoret. Menariknya penampilan drumband tentunya membuat orang menjadi bertanya-tanya. Apa saja alat drumband yang digunakan oleh para pemain drumband.

Alat drumband yang biasa digunakan sebenarnya tidak terlalu aneh-aneh. Alat drumband umumnya berupa alat musik, stik mayoret, dan bendera. Alat musik yang digunakan dalam drumband biasanya berupa alat musik tiup, alat musik perkusi, dan lain sebagainya. Yang paling terlihat adalah bass drum yang memang besar dan berfungsi untuk mengatur ketukan. Lalu alat musik tiup yang biasanya familiar adalah terompet. Mayoret meskipun tidak memainkan alat musik biasanya memegang stik yang akan ia gunakan untuk beratraksi. Atraksi mayoret biasanya berupa melempar-lemparkan stik ke atas kemudian menangkapnya lagi dengan sempurna. Sedangkan bendera biasanya digunakan dalam koreografi anggota drumband.

Alat Drum Band SD Tidak Jauh Berbeda dengan Alat Drum Band Orang Dewasa

Drum band alias marching band adalah sekelompok orang yang memainkan sebuah atau beberapa lagu dengan menggunakan beberapa alat musik yang dipadukan menjadi satu dengan sentuhan koreografi serta formasi sehingga menjadi menarik untuk dilihat. Drum band biasanya bisa ditemukan di pawai atau upacara-upacara hari besar. Drum band menjadi salah satu pertunjukan yang menarik dalam sebuah acara. apalagi ditambah dengan adanya seragam drumband .Karena orang-orang ingin melihat kehebatan para pemain drum band dalam bermain musik. Di jenjang sekolah dasar pun, drum band sudah masuk menjadi salah satu ekstra kurikuler. Mungkin akan disesuaikan sedikit dengan kemampuan anak SD. Begitu juga dengan alat drum band SD yang digunakan. Mungkin agak sedikit lebih kecil ukurannya.

Meskipun begitu, alat drum band SD tentunya tidak akan berbeda dengan alat drum band yang digunakan oleh orang dewasa. Mungkin dari segi ukuran akan menjadi lebih kecil. Tetapi alat yang digunakan tetaplah berupa alat musik tiup, perkusi, stik mayoret, bendera, dan lain sebagainya. Lalu dari segi kerumitan aransemen lagu pun pasti akan disesuaikan dengan kemampuan anak SD yang masih belum terlalu mahir ketimbang orang dewasa. Drum band anak SD ini juga biasanya akan muncul dalam pawai atau acara kesenian sekolah. Tentunya menjadi daya tarik tersendiri menyaksikan anak-anak yang masih kecil ini bermain drum band apalagi ditambah dengan adanya kostum drumband . Tetapi tidak kalah jagonya dengan orang dewasa

Alat Drum Band TK Lebih Sederhana dan Disesuaikan

Lucu sekali rasanya kalau melihat anak-anak kecil dari taman kanak-kanak bermain drumband. Alat musiknya terkadang lebih besar ketimbang orang yang memainkannya. Tetapi jangan menganggap remeh anak-anak mungil ini. Mereka juga tidak mau kalah dengan orang dewasa. Untuk sekedar informasi, drum band atau yang biasa juga dikenal sebagai marching banda adalah sekelompok orang yang memainkan sebuah atau beberapa lagu dengan menggunakan berbagai macam alat musik yang dijadikan satu. Kemudian penampilan drum band juga biasanya disertai dengan formasi atau koreografi tertentu yang pastinya tidak kalah menarik. Untuk anak TK, alat drum band TK yang digunakan mungkin agak sedikit berbeda dan disesuaikan dengan anak-anak TK yang masih kecil. Tetapi tidak akan berbeda jauh dengan alat yang digunakan oleh orang dewasa.

Drum band saat ini sudah menjadi ekstrakurikuler di beberapa SD dan TK. Tujuannya untuk mengasah kemampuan siswa dalam bermain alat musik. Alat drum band TK mungkin lebih sederhana ketimbang yang digunakan oleh orang dewasa. Tetapi pastinya masih terdiri dari alat musik tiup, perkusi, dan lain sebagainya. Untuk alat musik perkusi yang biasanya berukuran besar, mungkin akan disesuaikan untuk menjadi lebih kecil. Lalu drum band TK juga pasti akan memiliki mayoret. Mayoret tersebut juga pasti akan memegang tongkat seperti mayoret pada pertunjukan drum band dewasa.



Semoga Informasi ini bermanfaat salam.