Mohon tunggu...
Alam Semesta
Alam Semesta Mohon Tunggu... Instructional Designer

Pengajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di Zhejiang Yuexiu University of Foreign Languages, China. Gemar membaca, menulis, dan makan-makan.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Percakapan Aku dan Saya

30 Mei 2019   06:01 Diperbarui: 30 Mei 2019   06:45 0 3 1 Mohon Tunggu...
Percakapan Aku dan Saya
Source: Plixs.com

Aku: Aku pingin bertanya-tanya kepada saya mengenai program 30DWC dan kegiatan menulis. Mohon bantuannya untuk menjawab ya? 

Saya: Ya, boleh. Silahkan.

Aku: Pertanyaan pertama, apa yang saya ketahui tentang 30 Days Writing Challenge (30DWC)?

Saya: Suatu sistem latihan disiplin menulis. Latihan ini diprogramkan selama 30 hari terus menerus. Tujuannya sebagai start up untuk menumbuhkan kebiasaan menulis dalam kondisi apapun. Disebut "challenge" atau tantangan karena memang sistemnya sangat ketat. 

Peserta bisa dikeluarkan dari program jika tidak menulis dalam waktu yang cukup panjang. Bagi yang terus menulis akan diberikan poin tambahan. Tentu saja juga ada keringan berupa toleransi keterlambatan dan sistem hutang tulisan. Hutang tulisan harus dibayar tentunya.

Aku: Mengapa saya ikut dalam program 30DWC?

Saya: Ada beberapa alasan ikut dalam program ini. Pertama, mendapatkan ilmu-ilmu dan informasi baru di bidang penulisan. Kedua, mendapatkan dukungan menulis dari rekan sejawat, penulis lain. Ketiga, mengatasi writing block yang sedang saya hadapi akhir-akhir ini. 

Keempat, mendapatkan suasana baru yang dapat menyegarkan pikiran saya untuk menghasilkan ide-ide baru. Kelima, mempelajari cara penyelenggaraan kursus daring melalui sosial media. Keenam, menyiapkan draft naskah untuk buku yang akan saya tulis.

Aku: Apakah saya berhasil mencapai keinginan-keinginan tersebut?

Saya: Ya, program ini dikelola secara profesional. Aturan mainnya jelas dan waktu kegiatan juga dilaksanakan secara teratur. Saya banyak belajar dari pengalaman penulis-penulis lain dalam program ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x