Mohon tunggu...
azzahra pristi
azzahra pristi Mohon Tunggu... Jurnalis - lowlies

+62

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Strategi Media TV di Era Industri 4.0

7 Mei 2021   03:03 Diperbarui: 7 Mei 2021   03:16 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Media massa menjadi salah satu sarana penyampaian pesan atau informasi melalui alat-alat komunikasi mekanis seperti televisi, radio, surat kabar dan sebagainya. Namun, bagaimana kabar media massa di era Industri 4.0?

Hadirnya era digital membawa tantangan tersendiri bagi stasiun TV. Persaingan di industri siarang akan menjadi lebih ketat karena semakin banyak pilihan yang tersedia untuk penonton. 

Dan dalam memasuki era digital ini tidak sedikit media cetak tersebut harus gulung tikar atau terpaksa menutup perusahaannya.

Sementara itu, harga dari produksi surat kabar makin hari kian meningkat yang membuat perusahaan media cetak tersebut harus mengalami kebangkrutan. Namun masih ada beberapa perusahaan yang masih bertahan dengan menyiasati terbitannya dengan melakukan semua cara agar tidak mengalami gulung tikar.

Sekarang ini, sebagian besar masyarakat menggunakan media sosial,media sosial menjadi sarana penyampaian informasi paling cepat. Ternyata media sosial menjadi sebuah gempuran atau serangan bagi media massa saat ini. 

Hal ini dibuktikan melalui sebuah presentase dimana 40&anak muda saat ini tidak lagi menonton siaran televisi melalui televisi, tetapi melalui gadget (streaming).

Jika diamati lebih dalam, pesebarab informasi sudah berpindah dari media konvensional ke media sosial. Generasi muda kini lahir dan tumbuh di era internet, pola pikir mereka dapat dikatakan sudah sangat digital, oleh karena itulah mereka hampir tidak pernah menggunakan media konvensional untuk mengakses informasi.

Ada beberapa strategi untuk menjaga eksistensi media TV yaitu program televisi sangat berpengaruh pada suatu keberhasilan sebuah perusahaan stasiun televisi program acara TV juga menentukan keberhasilan dari program tersebut dan mampu mempertahankan eksistensinya. 

Program acara televisi juga harus menentukan siapa target yang akan menonton acara televisi tersebut dan bagaimana cara menyajikannya agar dapat diterima dan dinikmati oleh penonton yang menjadi sasaran tersebut. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga eksistensinya yaitu m marger, konvergensi dan layanan on demand.

Marger adalah suatu proses penyatuan dua perusahaan, salah satu perusahaan tetap berdiri dengan nama yang dimilikinya. Perusahaan yang satunya lagi kehilangan nama beserta kekayaannya. Semua digabungkan digabungkan dengan perusahaan yang lain. Sesuai dengan makna dari kata marger ada dua perusahaan atau lebih menjadi satu. Marger dilakukan untuk melakukan efisiensi, yaitu dengan menguasai pasar dan iklan, melalui penggabungan suatu perusahaan media yang dapat menguasai suatu informasi dan termasuk mendistribusikan informasi yang terkait dengan kepentingan perusahaan bahkan pemiliknya.

Konvergensi dilakukan untuk menggabungkan atau mengintegrasikan media yang ada untuk digunakan dan di arahkan ke satu titik tujuan, dengan adanya kemajuan teknologi ini kemungkinan media melakukan distribusi sebuah produk media melalui berbagai format dan platform.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun