Mohon tunggu...
Syailendra Akmal
Syailendra Akmal Mohon Tunggu... Full Time Blogger - fulltime blogger

syailendra akmal farabi hanya seorang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain. salam admin: Blog Akmal Farabi dan Konten Gaptek

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Kali Pertama Menjadi Peserta BI Netifest 2020

16 Januari 2020   22:23 Diperbarui: 16 Januari 2020   22:35 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Halo teman-teman, kali ini aku mau menceritakan pengalamanku mengikuti kegiatan acara BI Netifest 2020. oh iya sebelumnya udah pada tau belum apa itu BI Netifest? jadi ini adalah kegiatan acara tahunan yang diadakan oleh Bank Indonesia, sebagai bentuk apresiasinya kepada millenials yang sangat kreative dengan konten yang telah mereka buat. Peserta dari kegiatan BI Netifest terdiri dari para blogger, vlogger, movie maker, dan animasi maker loh. 

Dari semua ketegori tersebut mereka itulah yang mengikuti lomba, selanjutnya diseleksi untuk menjadi finalis serta bisa mengikuti kegiatan BI Netifest. kebetulan aku pun mengikuti lombanya dengan kategori Blog Competition, dan alhamdulillah di tahun 2020 ini aku berkesempatan menjadi bagian dari finalis yang bisa berkesempatan mengikuti kegiatan BI Netifest 2020. 

Sebenarnya aku sudah beberapa kali mengikuti lomba yang diadakan oleh Bank Indonesia. akan tetapi pada lomba-lomba sebelumnya aku tidak menjadi finalis, dan ini adalah kali pertamanya aku masuk ke dalam finalis lomba 35 besar dengan kategori blog.

Sebenarnya lumayan kaget juga selepas diriku mendapatkan email dari Bank Indonesia bahwa aku masuk ke finalis, karena tidak sampai kepikiran bisa menjadi finalis. apalagi pesertanya sampai seribu lebih, yang tentunya peluang masuk finalis cukup kecil, tetapi memang rezeki tidak ada yang tau. ternyata aku bisa lolos jadi bagian finalis. lantas bagaimana keseruan acara BI Netifest 2020?

Oke aku ceritakan yaa.. jadi acara BI Netifest 2020 kali ini dilaksanakan di dua tempat yakni di Hotel Aryaduta (day 1) dan Museum Bank Indonesia (day 2), hotel aryaduta yang lokasinya berdekatan dengan tugu tani jakarta.  di hotel itu pun juga para peserta finalis menginap. acara di mulai pada tanggal  Rabu, 16-01-2020. namun peserta boleh datang dari tanggal 15, untuk bisa checkin di hotel guna mendapatkan kamar.

Kebetulan saat itu aku tiba di hotel pada malam hari pukul 21.00. langsung saja aku checkin registrasi kemudian mengambil kunci kamar. setelah itu langsung aku bergegas menuju kamar 815 yang berada di lantai 8. begitu sampai di kamar aku bertemu dengan teman sekamarku, yang ternyata dia berasal dari jogja.

berkenalanlah aku dengan dirinya, namanya Miki asli Jogja, perawakannya gemuk. aku pun dengan dia saling sharing dan cerita-cerita. dia adalah finalis dengan kategori Animasi. lanjut kami bercerita sampai hari pun sudah larut malam. lalu kami putuskan untuk tidur. keesokan harinya, hari pertama acara BI Netifest 2020 dimulai. seluruh peserta dari berbagai kategori di ajak ke lantai M untuk sarapan pagi.

Selepas makan, peserta finalis menuju ballroom untuk mengikuti rangkaian acara. acara diawali dengan sambutan-sambutan dari pihak Bank Indonesia, dan kemudian materi persentasi yang dibawakan oleh pembicara berkompeten.

Setelah itu barulah seluruh peserta dibolehkan istirahat dan makan siang, yang selanjutnya diadakan workshop dengan pembagian kelas sesuai dengan kategori masing-masing lomba. aku bersama kawan blogger menuju ruangan monas 1 untuk mengikuti workshop yang dipandu oleh Mas Nurullah.

Saat itu beliau menyampaikan materi berupa tips membuat konten yang menarik untuk pembaca. sungguh materi yang diberikan begitu bermanfaat untuk diriku, nyatanya selama ini masih banyak kesalahanku dalam menulis blog, setelah aku mengetahui beragam ilmu yang diberikan oleh beliau.

Di akhir workshop, mas Nurullah membuat tantangan kepada blogger untuk membuat konten bertema "Catatan Perjalanan Menuju #GenerasiDigitalBankIndonesia. maka dari itu terciptalah tulisan yang ala kadarnya ini. tetapi saya akan terus memperbaiki tulisanku untuk kedepannya untuk bisa lebih memikat pengunjung yang membaca. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun