Humaniora

Ini Dia Permainan yang Melatih Buah Hati Menjadi Kreatif

5 November 2017   21:30 Diperbarui: 6 November 2017   16:15 107 0 0

Tahukah bunda permainan yang bisa mendidik buah hati yang bisa merangsang perkembangan otak anak anak kreatif ini ada banyak macamnya lho! Mendidik si kecil dengan memakai alat peraga memang tak gampang membikin buah hati bosan, sebab kesibukan ini sangat menyenangkan dan tidak membikin jenuh. Pasalnya beberapa permainan yang diberikan kepada anak berikut ini mampu memberikan rangsangan dan stimulus pada otak buah hati Bunda. Akibatnya anak akan memiliki imajinasi yang tinggi sehingga dapat menjadi kreatif.

So, apa saja permainan yang dapat mengajar si kecil menjadi kreatif? Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak ulasan berikut ini. Sebagian permainan mengajar buah hati jadi kreatif.

Blocks

Permainan mengajar anak yang bisa membuatnya menjadi kreatif ialah block. Permainan block ini, adalah tipe permainan menyusun balok menjadi sebuah bangunan yang diimajinasikan oleh si kecil. Kecuali itu juga dalam permainan ini anak diajarkan berhitung banyak benda yang dia pakai. 

Untuk merangsang buah hati agar berminat dalam permainan ini, maka pakailah warna yang berbeda-beda pada block yang dipakai. Jika hal tersebut dilakukan, maka sang anak akan merasa gembira dan nyaman melakukannya serta tidak membuatnya bosa. Salah satu permainan yang juga merangsang kreativitas anak adalah slime. Cara membuat slime sendiri sangat mudah dilakukan. Bunda bisa mengikuti cara-cara yang dijarkan di internet.

Puzzle

Tidak hanya block, permainan yang dapat melatih anak jadi kreatif lainnya yaitu puzzle. Pada bermain puzzle memerlukan koordinasi yang seimbang antara mata dan tangan. Kenapa? Sebab pada permainan puzzle sang anak dituntut untuk berpikir kreatif membentuk potongan gambar menjadi bentuk utuh. 

Nah, bila si kecil kapabel menuntaskan gambar menjadi wujud utuh akan menjadi kebanggan sendiri baginya. Tetapi, yang perlu Anda ketahui bahwasannya dalam memberikan gambar pada si kecil jangan terlalu rumit sesuaikan dengan usianya, jika gambar yang diberikan kompleks rasa penasaran anak akan hilang. 

Kursi musik

Permainan yang dapat melatih anak menjadi lebih kreatif selanjutnya adalah permainan kursi musik musik. Kenapa dinamakan permainan kursi musik? Karena permainan ini memakai musik dan kursi. Keunggulan dari permainan kursi musik ini adalah dapat melatih keterampilan motorik dasar sang buah hati. Metode bermainnya sangat mudah dan menyenangkan, yaitu ketika buah hati diputarkan musik ia dipersilahkan untuk menari, tetapi ketika musiknya distop anak harus lari secepat mungkin untuk mencari tempat duduk. 

Seumpama dalam satu kelas terdapat 10 murid, karenanya bangku yang disediakan cuma 9 buah. Apabila saat musik stop 1 buah hati tidak mendapatkan tempat duduk, karenanya dia keluar dari permainan. Permainan tersebut dilaksanakan hingga tersisa seorang anak.

Nah, demikianlah  permainan yang dapat melatih si kecil jadi kreatif. Semoga sedikit ulasan info yang kami bagikan dapat menjadi menginspirasi bunda di rumah dalam mendidik buah hatinya.