Mohon tunggu...
Akmal Husaini
Akmal Husaini Mohon Tunggu... suka menjaga kebersihan

kebersihan sebagian dari iman. Karena itulah jadilah pribadi yang bersih

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cerdas Menggunakan Digital di Tengah Pandemi Corona

7 April 2020   22:26 Diperbarui: 7 April 2020   22:17 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cerdas Menggunakan Digital di Tengah Pandemi Corona
Literasi Corona - edukasi.kompas.com

Per 1 April 2020, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mencatat sudah ada sekitar 405 hoaks yang muncul di dunia maya terkait corona di Indonesia. Aparat kepolisian juga telah menetapkan 30 orang menjadi tersangka, dalam kasus penyebaran hoaks terkait corona ini. Para penyebar hoaks ini, akan mendapatkan hukuman akibat perbuatannya tersebut.

Satu hal yang terkadang membuat kita tidak habis pikir. Bagaimana mungkin dalam suasana pandemic seperti sekarang ini, masih ada oknum yang secara sengaja menebar informasi bohong. Apa untung ruginya menyebar informasi bohong dan provokasi? Kenyataannya, menebar kebencian dan kebohongan masih menempel dalam pribadi sebagian orang.

Lalu, bagaimana dengan kita? Akankah kita juga akan melakukan hal tersebut? Jika kita ingin melakukan hal tersebut, sebaiknya mulai tinggalkan. Selain akan mendapatkan ancaman pidana, perilaku tersebut justru akan mempercepat negeri ini dalam kehancuran. Negeri yang kaya akan segalanya ini, akan cepat hancur karena ulah para masyarakatnya sendiri.

Di era milenial ini, mari kita gunakan kemajuan teknologi ini untuk menyebarkan informasi yang positif,  yang dibutuhkan masyarakat untuk melawan virus covid-19 tersebut.

Menyebarkan informasi positif, akan memberikan pahala tersendiri bagi yang membacanya. Corona tidak akan bisa pergi, tanpa adanya kesadaran dari masyarakat.

Dan untuk bisa mendapatkan kesadaran, perlu menguatkan literasi dengan cara membaca. Dan aktifitas membaca bisa dilakukan melalui media digital seperti sekarang ini. Meningkatkan literasi di era digital, akan menjauhkan diri kita dari segala informasi yang tidak benar.

Pelajarilah tentang apa itu covid-19. Jangan bandel, tetaplah di dalam rumah. Tak perlu melakukan aktifitas di luar rumah, sebelum ada pernyataan resmi dari pemerintah bahwa pandemic ini akan berakhir. Tidak perlu sok tahu, tak perlu juga merasa paling sehat dan segala macamnya. Virus ini bisa menyasar dan menempel kepada siapa saja. Tak peduli masyarakat biasa ataupun pejabat, semuanya bisa terpapar virus ini.

Gunakanlah era digital ini, untuk membentengi masyarakat dengan informasi yang benar. Gunakan juga era digital ini untuk melakukan kampanye bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Karena hanya itulah yang bisa kita lakukan. Selain berdoa dan menjaga kebersihan selain pola makan, kita juga perlu menjaga jarak dengan segala informasi yang menyesatkan.

Mari gunakan era digital ini untuk menggalang dukungan, agar semua orang bisa saling meringankan beban. Gunakan media sosial untuk membantu petugas medis, yang saat ini berada di garda depan dalam penananganan persoalan covid-19 ini.

Mari juga gunakan media sosial untuk memberikan informasi yang mendidik, tetang pentingnya mencuci tangan, menjaga imun serta menjaga psikis, agar tidak menurunkan daya tahan tubuh kita. Salama sehat selalu.

VIDEO PILIHAN