Mohon tunggu...
AKHMADI
AKHMADI Mohon Tunggu... Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hari Guru Nasional

25 November 2020   06:23 Diperbarui: 28 November 2020   19:56 165 2 1 Mohon Tunggu...

1. Peringatan HGN

25 November 2020 diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Perjalanan dunia pendidikan dengan berbagai macam rintangan dan hambatan selalu mewarnai. 

HGN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena masa pandemi covid-19 sehingga upacara sekaligus perayaan HGN terbatas hanya melalui virtual saja. 

Tidak Seperti tahun-tahun yang sebelumnya, peringatan HGN selalu diadakan dengan meriah, berbagai acara di sekolah diadakan, pengurus OSIS mempersiapkan acara untuk menghormati gurunya. Berbagai lomba diadakan seperti membaca puisi, membuat cerpen, membuat poster sebagai bentuk apresiasi terhadap gurunya. 

2. Ujian  

Tahun ini benar-benar menjadi ujian yang berat khususnya dunia pendidikan. Meskipun pandemi covid penyebarannya masih tinggi, dunia pendidikan tetap berjalan seperti biasa. 

Amanah dari UUD 1945 Pasal 31 ayat (1) "Setiap  warga negara berhak mendapatkan pendidikan". dengan dasar itulah apapun keadaan dan risiko yang terjadi pendidikan tetap berjalan meskipun disana sini pasti ada kekurangannya. 

Pemerintah pusat dan daerah telah berupaya menyelesaikan masalah yang terjadi terkait dengan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah. Masalah kuota, jaringan dan Gawai yang masih mendominasi permasalahan dalam Pembelajaran jarak jauh.

3. Hikmah

Pandemi covid membawa perubahan perilaku hidup lebih sehat. Perubahan berbagai pola terjadi. Pola kerja, pola makan, pola istirahat yang cukup, pola bersosialisasi dan banyak hal yang berubah. 

Dalam pendidikan terjadi 100% berubah, kurikulum yang disederhanakan, pembelajaran menggunakan aplikasi yang terhubung di perangkat HP/laptop, pembelajaran menggunakan Zoom, Google meet, Quizizz, Kinemaster, Portaldik.id dan masih banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam PJJ. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x