Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Air Sangat Penting, tapi Menjaga Kebersihan Air untuk Dikonsumsi Jauh Lebih Penting

24 September 2022   06:58 Diperbarui: 24 September 2022   07:08 232 22 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dalam dunia medis, kita disarankan untuk mengkonsumsi air minum sampai 8 gelas atau setara 2 liter untuk mencukupi kebutuhan air salam tubuh, namun setiap orang memiliki kapasitas berbeda untuk mengkonsumsi air minum, Sumber: hellosehat.com

"Air adalah prinsip dasar segala sesuatu. Air telah menjadi pokok dan yang paling utama dari segala-galanya di alam semesta" Thales 

Air adalah kebutuhan dasar yang diperlukan dalam kehidupan ini, sebab manfaat dan kegunaannya bagi tubuh sangatlah besar, sehingga rekomendasi ahli kesehatan kita rekomendasikan untuk mengkonsumsi air sampai 8 gelas atau setara 2 liter perhari.

Didalam tubuh kita ini lebih dari 50% terdiri dari air, sehingga tubuh kita sangat membutuhkan air untuk melancarkan segala sistem yang ada di dalam tubuh, mulai dari peredaran darah, dan melancarkan sel-sel didalam tubuh sehingga ketergantungan terhadap air menjadi sangat penting, namun jauh lebih penting menjaga kebersihan air untuk dikonsumsi.

Mengapa sangat penting menjaga kebersihan air ? Karena air yang hendak kita konsumsi yang semaunya berasal dari alas semesta dan berasal dari Perut bumi, pastinya mengandung banyak hal yang secara perlahan tapi pasti membuat tumpukan penyakit didalam tubuh kita, sehingga proses sanitasi dan sterilisasi terhadap air yang hendak kita konsumsi menjadi sangat penting adanya.

Dengan mengkonsumsi air yang sudah tersterilisasi air yang hendak kita konsumsi aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Dikutip dari laman hellosehat.com, Sebuah penelitian pada Journal of Nutrition yang melibatkan peserta wanita membuktikan, kekurangan cairan sebanyak 1,36% setelah olahraga dapat menimbulkan tanda kurang minum seperti terganggunya suasana hati dan konsentrasi. Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Air yang hendak kita konsumsi mulai dari air yang hendak diminum atau air yang hendak dibuat memasak, haruslah steril dan bersih, karena masing-masing daerah situasi dan kondisi air yang dihasilkan dari dalam perut bumi mengandung banyak hal yang berbeda-beda, salah satunya kandungan zat kapur yang bisa mengendap didalam tubuh dan menjadi salah satu penyebab gangguan terhadap sel-sel didalam tubuh kita.

Konsumsi air bersih untuk menjaga kesehatan kita

Air adalah sumber kehidupan yang keberadaannya sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan ini, namun menjaga kebersihan air untuk dikonsumsi adalah bagian yang tak terpisahkan, sebab konsumsi air adalah bagian dari menjaga kesehatan kita.

Karena didalam tubuh yang lebih dari 50% terdiri dari Air, sehingga konsumsi air bersih menjadi keharusan bagi kita semua, karena dengan air bisa membuat peredaran lebih lancar dan dehidrasi didalam tubuh juga lebih lancar, sehingga tubuh yang kekurangan akan konsumsi air bisa menyebabkan kekurangan cairan, pusing, kekurangan darah dan sederet penyakit lainnya, sehingga pemenuhan terhadap konsumsi air ini menjadi sangat penting adanya, namun jauh lebih penting bagi kita untuk menjaga kebersihannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan