Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jaga dan Lindungi Anak-anak Kita dari Predator yang Bisa Menghancurkan Masa Depan Mereka

21 September 2022   07:09 Diperbarui: 21 September 2022   07:20 130 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak adalah aset masa depan yang harus dijaga, dilindungi, dididik, dibimbing untuk masa depan lebih cerah bagi mereka, lindungi mereka dari predator yang bisa membunuh masa depan mereka, Sumber : tempo.co

"Kasus kekerasan baik secara fisik maupun mental masih kerap terjadi, sehingga para orang tua harus lebih teliti lagi terhadap putra/Putri kita semua agar supaya terhindar dari kekerasan yang bisa menghancurkan mentalitas mereka"

Peristiwa yang terjadi pada anak masih terus bertambah, predator terhadap anak dibawah umur masih kerap terjadi, sehingga Komnas Perlindungan anak harus memberikan pemahaman yang signifikan terhadap orang tua, Supaya putra/putrinya terlindungi dari kekerasan baik fisik maupun mental.

Baru-baru ini pemerkosaan terhadap anak berisial P (13) menjadi korban pemerkosaan oleh empat anak dibawah umur dikawasan hutan kota, Jakarta Utara. Peristiwa tersebut sontak membuat Korban dan Pelaku yang sama-sama dibawah umur, membuat kita semua harus geleng-geleng kepala, pasalnya anak dibawah umur sudah menjadi predator yang memperkosa anak yang umurnya jauh dibawahnya sedikit saja.

Dikutip dari laman kompas.com, Remaja berinisial P (13) menjadi korban pemerkosaan oleh empat anak di bawah umur di kawasan hutan kota, Jakarta Utara.

R mengaku bahwa adiknya yang dahulu ceria menjadi lebih banyak melamun setelah diperkosa oleh empat pelaku di bawah umur pada Kamis (1/9/2022) lalu.

R dihadirkan dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Utara ditemani Hotman Paris selaku pendamping keluarga korban, Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait, serta Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi.

Soal pemerkosaan tersebut masuk dalam kategori kejahatan yang cukup serius, sebab bukan soal fisik saja yang dilecehkan, namun sangat berdampak pada aspek kejiwaan korban, sehingga pelaku yang juga masuk kategori anak di awan umur juga harus mendapatkan sanksi yang setimpal, sehingga menjadi pelajaran bagi seluruh anak di Indonesia bahwa yang namanya kekerasan. Baik fisik maupun mental tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Jaga dan Lindungi Anak-anak kita dari Predator yang siap memangsa 

Kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena ada faktor kesempatan saja, namun didalamnya ada unsur niat dan perencanaan yang kuat, sehingga tindak kejahatan yang demikian bisa terjadi pada siapa saja, terutama anak-anak dibawah umur.

Kasus pemerkosaan tidak hanya terjadi pada anak perempuan saja, anak laki-laki dibawah umur pun bisa menjadi korban atau pelaku karena sudah ada niat dan kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan