Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

"Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan"

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Data Pengguna SIM Card Bocor, Begini Cara Ceknya

3 September 2022   10:30 Diperbarui: 3 September 2022   10:37 203 18 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kebocoran data pengguna kartu prabayar 1,3 Milyar, menjadi polemik tersendiri bagi masyarakat, sebab diduga kebocoran data itu diperjual belikan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, Sumber : headtopics.com

"Ramai menjadi perbincangan warga net, soal kebocoran data yang diduga sudah dikantongi oleh para heacker dan diperjual belikan, ramai-ramai kominfo, menjadi perbincangan dan dimintai pertanggung jawaban soal kebocoran data milik pelanggan"

Kebocoran data pelanggan pengguna SIM Card menguap dimedia sosial, Kominfo pun menjadi sasaran warganet sebagai penanggung jawab dari arus yang memegang kendali dan kebijakan.

Para pelanggan yang menggunakan SIM Card, sebelumnya harus mendaftarkan diri, Nama dan nomer Identitas sesuai dengan data kartu Penduduk (KTP), jika data SIM card yang bocor itu, kini sudah diperjual belikan, pastinya ada kekhawatiran para pengguna SIM Card yang sudah mencantumkan nama beserta Nomor Identitas Kependudukan (NIK) untuk bisa mengoperasikan SIM Card.

Dikutip dari laman kompas.com, data yang bocor tersebut mencapai 1,3 Milyar, apakah milik anda juga termasuk ? Bagaimana cara mengecek data kita yang bocor atau tidak?.

Dari pengamatan pada sistem milik Ditjen Dukcapil, tidak ditemukan adanya Log akses, traffic, dan akses anomali yang mencurigakan," ujar Zudan dalam keterangannya, Jumat (2/9/2022).

Zudan menyimpulkan bahwa data tersebut bukan berasal dari Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Meski demikian, dia menegaskan, Kemendagri tetap akan menelusuri info dugaan kebocoran data tersebut.

"Ditjen Dukcapil Kemendagri akan menelusuri lebih lanjut terkait dengan berita adanya dugaan kebocoran data registrasi pengguna SIM prabayar," tuturnya.

Data SIM Card Bocor, Masyarakat Cukup Khawatir 

Soal data yang bocor pasti menjadi kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat, apalagi diketahui bahwa data yang bocor sampai 1,3 Milyar dan diperjual belikan dengan harga 50 US Dollar atau sekitar 750 Juta rupiah, menjadi polemik tersendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan