Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Bergerak Dalam Kesunyian

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Soto Degan Khas Jember yang Rasanya Maknyus

12 September 2021   16:29 Diperbarui: 14 September 2021   02:00 323 32 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi soto klamud (kelapa muda) khas Jember. Sumber: Kompas.com

"Salah satu masakan yang enak nan sedap khas Nusantara adalah Soto, masing-masing masakan soto di berbagai daerah memiliki ciri khas tersendiri yang menunjukkan keragaman adat dan budaya Negeri ini"

Jember juga memiliki ciri khas tersendiri tentang masakan soto yang cukup popular, yakni masakan soto yang di wadahi dengan kelapa muda, dan resepnya pun memiliki persamaan sekaligus perbedaan dari soto secara umum.

Soto degan yang di buat oleh Rani Soraya, yakni warga Jember pada tahun 2016 dan disajikan saat Bazar HUT Yayasan Kemala Bhayangkari di Markas Polda Jatim, Surabaya pada tahun 2018.

Soto degan hasil racikan dan inovasi Rani Soraya inilah yang kemudian cukup popular dengan sebutan soto degan.

Soto degan memiliki cita rasa yang berbeda dari soto pada umumnya karena ada perpaduan antara air biasa dan air kelapa muda yang menjadi salah satu ciri khas dari soto pada umumnya.

Masakan soto khas Jember ini, secara umum bahannya tidak jauh berbeda dengan soto ayamnya, disajikan dengan daging sapi ataupun daging ayam yang menjadi ciri khasnya, tetapi sedikit berbeda dalam masakan dan racikannya, karena ada air kelapa muda dan daging kelapa yang juga menjadi bahan yang di ikutkan dalam soto tersebut.

Bahan yang dipakai pun sebenarnya tidak jauh berbeda dari soto pada umumnya, tetapi soto degan dengan perpaduan air kelapa muda dan air biasa, serta daging kelapa muda menjadi salah satu ciri khas dari soto degan ini.

Dilansir dari viva.co.id Soto degan bahannya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya yakni "Kita pakai juga jamur, kentang goreng, bawang goreng, bawang daun, dan daging kelapa," ujar Rani.

Bagi yang sudah mencicipi rasanya soto degan ini tentu sensasi rasanya yang maknyus menjadikan lidah ketagihan untuk mencobanya.

Soto degan khas Kabupaten Jember yang rasanya maknyus |ilustrasi : Viva.co.id
Soto degan khas Kabupaten Jember yang rasanya maknyus |ilustrasi : Viva.co.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan