Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Hanya petani kecil di lereng gunung batu Amper - Jember, Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Berkaca pada Cristian Eriksen, Saat Kolap di Lapangan Hijau

17 Juni 2021   16:34 Diperbarui: 17 Juni 2021   17:34 101 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkaca pada Cristian Eriksen, Saat Kolap di Lapangan Hijau
Cristian Eriksen saat terkena serangan jantung di menit ke 43 saat pertandingan Denmark vs Finlandia Uero 2020, (sumber foto: www.kompas.com)

"Hidup sehat dan bahagia merupakan dambaan setiap manusia, tentu setiap orang ingin hidup sehat, karena sehat sangatlah Maham harganya, apalagi berkaitan dengan penyakit jantung yang kerapkali datang tanpa di sangka, hingga menyebabkan kematian".

Kasus kolapnya Cristian Eriksen yang mendadak tersungkur di lapangan hijau saat lagi Denmakr vs Finlandia pada menit ke 43. Cristian jatuh tersungkur, dan di tengarai terserang jantung yang mendadak menyerang.

Gelandang berumur 29 tahun itu jatuh tersungkur,dan segera mendapatkan pertolongan pertama dari kaptennya Simon Kjaer.

Sumber foto: www.kompas.com
Sumber foto: www.kompas.com

Bahkan Simon Kjaer memberikan pertolongan pertama pada Cristian dengan melakukan cardio pulmonary resuscitation (CPR) kepada kepada Cristian. CPR merupakan tindaka. Awal untuk menolong nyawa seseorang dalam keadaan genting.

Tersungkurnya Cristian saat pertandingan Denmakr Vs Finlandia pada Sabtu (12/06/21), di stadion Parken, Kopenhagen, Denmakr.

Serangan Jantung pada gelandang Denmakr Cristian Eriksen, merupakan satu kasus terbaru, dari kasus-kasus yang lain di lapangan hijau saat pertandingan, tentu hal tersebut menjadi fenomena tersendiri atas kasus serangan jantung mendadak saat berolahraga.

Dilansir dari www.merdeka.com, Profesor Efraim Kramer, spesialis jantung, mengatakan: "Jika ada pertandingan sepakbola, Anda memerlukan defibrillator. Jika Anda tidak memilikinya, Anda lebih baik memesan peti mati."

Defibrillator atau alat pacu jantung merupakan perangkat medis yang dapat memberikan shock listrik yang menyebabkan depolarisasi sementara dari jantung dengan denyut tidak teratur, sehingga memungkinkan munculnya kembali aktivitas listrik jantung yang terkoordinir.

Kolap saat olahraga, contoh yang kerapkali terjadi adalah para pemain sepak bola yang terserang jantung dadakan, sehingga pertolongan pertama menjadi sangat penting untuk menyelamatkan seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x