Mohon tunggu...
Akhmad Saifi
Akhmad Saifi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Sejarah

Saya suka menulis dan mencari referensj berita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Minoritas di Lingkungan Kampus Bumi Siliwangi

26 November 2022   23:51 Diperbarui: 27 November 2022   00:06 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jadi pada kegiatan Modul Nusantara Kebinekaan ke-12 kami mewawancara mahasiswa minoritas disegi manapun yang berada di lingkungan kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Saya mewawancara seorang mahasiswi berinisial "S" asal Kalimatan Selatan dari Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika.

Menurut "S" dia agak tidak terlalu mengerti dengan bahasa Sunda, karena menurut nya ketika waktu pembelajaran di kelas dosen sering menggunakan bahasa Sunda ketika bicara yang membuat nya tidak mengerti dengan paparan materi dari dosen tersebut. Ditambah mata kuliah fisika yang memang susah membuatnya harus bekerja lebih ekstra untuk bisa memahami.

Di lingkungan pertemanan juga dia merasakan hal yang sama, namun mereka dapat mengerti dengan perasaan "S" yang memang bukan orang Jawa Barat dan sedikit memberikan pemahaman dengan bahasa Sunda.

Untuk kedepannya dia berharap agar bisa beradaptasi cepat dengan lingkungan barunya dari segi budaya maupun bahasa di Kampus Bumi Siliwangi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun