Mohon tunggu...
Akbar Zainudin
Akbar Zainudin Mohon Tunggu... Human Resources - Trainer Motivasi, Manajemen dan Kewirausahaan. Penulis Buku "Man Jadda Wajada". BUKU BARU: "UKTUB: Panduan Lengkap Menulis Buku dalam 180 Hari". Ngobrol bisa di Twitter: @akbarzainudin atau www.manjaddawajada.biz

Trainer Motivasi, Manajemen dan Kewirausahaan. Penulis Buku "Man Jadda Wajada". BUKU BARU: "UKTUB: Panduan Lengkap Menulis Buku dalam 180 Hari". Ngobrol bisa di Twitter: @akbarzainudin atau www.manjaddawajada.biz

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menjadi Guru Harus Lapar Prestasi

21 Agustus 2021   03:16 Diperbarui: 21 Agustus 2021   03:55 119 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menjadi Guru Harus Lapar Prestasi
Guru Mengajar. Sumber: Pexels

MENJADI GURU HARUS LAPAR PRESTASI.

(Bagian 8 dari 20 Tulisan untuk Buku Baru saya yang akan terbit September 2021, GURU HEBAT MAN JADDA WAJADAA

 

A. PENTINGNYA KEINGINAN BERPRESTASI

Salah satu hal penting yang harus dimiliki seorang guru adalah keinginan berprestasi yang tinggi. Keinginan berprestasi dalam berbagai bidang yang digeluti, baik akademik maupun nonakademik. Keinginan berprestasi ini penting karena prestasi besar lahir dari keinginan besar. Kalau tidak ada keinginan, bagaimana mungkin orang akan bisa berprestasi besar?

Sebuah prestasi pastinya lahir bukan kebetulan, tetapi hasil dari kerja keras, disiplin yang kuat, dan latihan yang terus menerus. Orang yang berprestasi pasti sudah melakukan berbagai upaya keras untuk mengembangkan dirinya secara baik.

Hampir bisa dipastikan, orang yang berprestasi mempunyai kebiasaan-kebiasaan baik yang mengarahkannya kepada kesuksesan. Kebiasaan-kebiasaan baik yang terus dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi bagian dari sebuah proses kesuksesan.

Karena menjadi kebiasaan inilah, biasanya sebuah prestasi itu tidak terjadi hanya sekali. Orang berprestasi cenderung akan mengulang prestasinya, karena kebiasannya juga terus berulang.

David McClelland menyebutkan bahwa keinginan berprestasi adalah dorongan seseorang untuk mencapai suatu standar yang sudah ditetapkan. Standar dalam hal ini menyangkut pekerjaan dan berbagai aturan yang ada pada organisasi.

Terdapat tiga faktor yang menjadi dimensi pendorong orang untuk berprestasi, pertama adalah dorongan untuk memenuhi standar yang sudah ditetapkan, dorongan untuk menjadi juara, dan dorongan untuk selalu melakukan inovasi baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan